= SMAN 1 Cikampek Karawang Melaksanakan Studi Kampus ke Universitas Gajah Mada Dan UPN Veteran Yogyakarta - Nuansa Metro

SMAN 1 Cikampek Karawang Melaksanakan Studi Kampus ke Universitas Gajah Mada Dan UPN Veteran Yogyakarta


Foto : SMA Negeri 1 Cikampek, Kabupaten Karawang, saat melaksanakan studi kampus ke Universitas Gajah Mada dan UPN Veteran Yogyakarta. (Dok : istimewa)

Nuansa Metro - Karawang |  Guna meningkatkan kolaborasi dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, SMA Negeri 1 Cikampek, Kabupaten Karawang, melaksanakan studi kampus ke Universitas Gajah Mada dan UPN Veteran Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada 14-15 Januari 2024.

Kepala SMA Negeri 1 Cikampek, Drs. H. Agus Setiawan, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 387 siswa kelas XI dengan berbagai pilihan mata pelajaran. 

"Studi kampus dilakukan untuk memotivasi para siswa agar tertarik melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi dan meningkatkan pemahaman mereka tentang dunia perguruan tinggi," kata H. Agus Setiawan pesan WhatsApp nya kepada awak media, Rabu 17 Januari 2024.

Menurut Agus, salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah Projek Penguatan Profil Pelajar dengan tema 'Kearifan lokal dalam perspektif global'. 

Kemudian kata Agus, para siswa melakukan kunjungan ke situs Keraton Yogyakarta dan melakukan wawancara dengan abdi dalem Keraton Yogya serta masyarakat sekitar.

"Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang kearifan lokal yang menjadi bagian dari identitas budaya bangsa. Melalui projek ini, diharapkan siswa dapat mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam konteks global," ungkap Drs. H. Agus Setiawan.

Dengan adanya kegiatan studi kampus ini, diharapkan dapat meningkatkan minat para siswa SMAN 1 Cikampek untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, khususnya di Universitas Gajah Mada dan UPN Veteran Yogyakarta. 


"Selain itu, diharapkan para siswa tetap memiliki wawasan global tanpa kehilangan identitas budaya dan kearifan lokal yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia," tandasnya.



• Rls / Irfan Sahab