= Pembangunan Tempat Air Bersih di Dusun Pacing Dewisari Tanpa di Pasang Plang Proyek - Nuansa Metro

Pembangunan Tempat Air Bersih di Dusun Pacing Dewisari Tanpa di Pasang Plang Proyek



Nuansa Metro - Karawang

Tidak adanya pengawasan dari Dinas terkait, dua pekerjaan Pembangunan tempat air bersih di dusun Pacing Selatan desa Dewisari Kecamatan Rengasdengklok yang berasal dari aspirasi salah seorang anggota DPRD Kabupaten Karawang diduga dikerjakan asal jadi dan diduga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Diketahui, di dua lokasi pekerjaan tersebut tidak ada papan informasi yang terpampang. Selain tidak bertuan dan dikerjakan asal jadi, bahan material yang digunakan dalam pembangunan ini diduga tidak sesuai spesifikasi dan pembangunannya berdiri diatas lahan warga.

Menurut keterangan warga setempat, RM mengatakan, ini adalah pembangunan tempat air bersih yang berasal dari aspirasi anggota dewan. Namun, sayangnya tempat atau lokasi pembangunan kurang tepat, karena dibangun diatas lahan warga dan bukan ditempat umum. 

"Itu kan untuk umum, tempat pembangunan air bersih ini tidak tepat, karena berdiri diatas lahan warga yang lahannya dikelilingi pagar permanen. Tentunya, hal tersebut tidak bermanfaat untuk warga disekitarnya. Kami menduga ada yang tidak beres dalam pembangun ini, selain tidak adanya papan informasi di lokasi, kami menduga pelaksana pembangunan ingin meraup untung besar," kata RM.

Dilain tempat, salah seorang aparat desa Dewisari yang tidak mau namanya di publikasikan mengatakan, pihaknya mengucapakan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah merealisasikan pembangunan tempat air bersih untuk warganya. 

"Namun, kami juga sangat menyayangkan sekali kepada pihak pelaksana yang sama sekali tidak memberitahukan hal pembangunan ini ke pihak pemdes Dewisari," ujarnya.

"Tempat air bersih ini memang sangat dibutuhkan sekali oleh warga kami, namun setidaknya pihak pelaksana memberitahukan terlebih dahulu hak ini sebelum dilaksanakan pembangunan. Saya tidak tahu ini pekerjaan dari dinas mananya, berapa anggarannya dan teknisnya seperti apa saya tidak tahu dan apalagi pengawasnya saya tidak tahu," tambahnya.

Lanjutnya, dia berharap pada pengawas dinas terkait untuk menegur pihak pelaksana yang tidak memasang papan informasi dilokasi pekerjaan, bila perlu menindak tegas pelaksananya. 

"Karena, anggaran pembangunan ini tentunya berasal dari uang rakyat, bukan uang pribadi pelaksana," tegasnya.

Sementara, salah seorang pekerja pembangunan air bersih yang ditemui dilokasi pekerjaan mengatakan, ini pembangunan tempat air bersih, adapun papan informasi memang belum ada dan dirinya hanya disuruh mengerjakan saja, perihal lainnya wartawan dipersilahkan untuk menanyakan langsung ke mandor.

"Papan informasi belum ada, mungkin besok kalau sudah ada pasti di pasang. Terkait pekerjaan dari dinas mana, saya tidak tahu, dan mandornya sedang tidak ada," singkatnya.

Adin selaku Tim pelaksana ketika dikonfirmasi via WhatsApp mengatakan kepada media online nuansametro, terkait papan informasi lagi dicetak. 

"Ya sebenarnya itu salah kalau pekerjaan belum di pasang papan informasi," ujarnya.

Ketika disinggung anggaran dari mana Adin menjawab itu dari Dinas PRKP. 

"Anggaran nya 50 jutaan Pak," Pungkasnya.


• Abdul R