= Memasuki Tahapan Kampanye, Penyelenggara Pemilu Kecamatan Caringin Deklarasi Kampanye Pemilu Damai - Nuansa Metro

Memasuki Tahapan Kampanye, Penyelenggara Pemilu Kecamatan Caringin Deklarasi Kampanye Pemilu Damai



Nuansa Metro - Garut 

Pelaksanaan Pemilu calon legislatif dan pilpres wapres tahun 2024 tinggal menghitung waktu, penyelenggara Pemilu tingkat kecamatan Caringin Kabupaten Garut Jawa Barat yang terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) serta unsur Forkopimcam dan partai peserta pemilu melakukan Deklarasi Pemilu Damai.   

Kegiatan Deklarasi Damai Pemilu bertempat di GOR Desa Purbayani Kecamatan Caringin Garut, pada Senin (27/11/2023). 

Ketua PPK Kecamatan Caringin, Beti mengatakan, deklarasi Damai dalam upaya menyamakan persepsi bersama agar dalam tahapan kampanye berlangsung kondusif, lancar dan sukses.

Beti juga menyampaikan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat kampanye.                  

" Kita membuka ruang bagi peserta pemilu untuk bertanya terkait apa saja yang perlu di sampaikan," ujar Beti kepada wartawan.

Sementara Ketua Panwascam Caringin, Sopiah menyampaikan, bahwa jika ada peserta pemilu ingin menyampaikan keluhan terkait kampanye pihaknya siap menampungnya.

"Sampaikan keberatan terkait pelanggaran pemilu, kita akan tampung dan tindaklanjuti," ujar Sopiah.                       

Ditempat yang sama, Camat Caringin Ujang Kuswara bagian dari Forkofimcam Caringin menegaskan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu diharapkan bukan hanya selogan semata tapi harus diwujudkan. Camat juga menyinggung soal Netralitas ASN.

 "Oleh karena semua stakeholder harus mematuhi aturan yang berlaku," tegas Camat.

Ketua Apdesi Kecamatan Caringin Yayan Wijana SE yang mewakili para Kepala Desa se kecamatan Caringin mengatakan, perbedaan dalam masa kampanye pasti ada sehingga pasti ada pula permasalahan yang muncul dari peserta pemilu. Pihaknya kata Yayan, hanya bisa mempasilitasinya karena sesuai aturan harus Nertal. 

"Jikapun ada permasalahan kita berharap agar segera dinetralisir supaya  pelaksanaan pemilu di kecamatan Caringin berlangsung sukses," ujar Yayan.    

Deklarasi Kampanye Pemilu Damai juga dihadiri oleh para petugas KPPS dan Panwas tingkat Desa, MUI, tokoh masyarakat serta unsur TNI dan Polri.


• AR