= Ngamumule Adat Dan Budaya, Masyarakat Purwamekar Gelar Hajat Bumi - Nuansa Metro

Ngamumule Adat Dan Budaya, Masyarakat Purwamekar Gelar Hajat Bumi



www.nuansametro.co.id - Karawang, Guna melestarikan seni dan budaya serta ngamumule adat masyarakat Dusun Cilempuk RT 09/08 Desa Purwamekar Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang menggelar acara pesta rakyat atau yang biasa di sebut hajat bumi, pestanya para petani, Rabu (21/09/2022).

Hajat bumi adalah satu pesta rakyat yang di laksanakan setiap setahun sekali atas hasil bumi yang di dapat dan sekaligus sebagai bentuk rasa syukur terhadap sang pencipta alam semesta yaitu Alloh SWT.

Ade Daniar Kepala Dusun 08 (KaDus) Cilempuk Desa Purwamekar yang juga merupakan salah seorang panitia dari acara hajat bumi tersebut mengatakan kepada awak media nuansametro.co.id, menurutnya, acara gelaran pesta rakyat atau yang biasa di sebut hajat bumi ini adalah salah satu acara yang di laksanakan setiap satu tahun sekali bagi masyarakat petani, yang mungkin selalu di laksanakan di berbagai wilayah pedesaan yang ada di Kabupaten Karawang ini, begitu juga dengan masyarakat petani yang berada di wilayah Desa Purwamekar ini.

Pesta rakyat atau hajat bumi yang di laksanakan hari ini selain sebagai bentuk rasa syukur kepada Alloh SWT atas hasil bumi yang di peroleh masyarakat sekitar khususnya masyarakat petani yang ada di Dusun Cilempuk Desa Purwamekar ini.

"Pesta hajat bumi yang kami laksanakan ini adalah sebagai salah satu bentuk kepedulian masyarakat terhadap seni budaya dan adat yang harus tetap di jaga kelestariannya dan harus tetap dimumule oleh kita,"  Ungkapnya.

Foto : Ade Daniar Kadus 08/09 Desa Purwamekar Rawamerta

"Kami juga berharap semoga untuk kedepannya hasil bumi masyarakat terutama masyarakat petani yang ada di Dusun Cilempuk Desa Purwamekar dan masyarakat petani yang ada di wilayah Kabupaten Karawang, selalu di beri keberkahan dan keberhasilan yang melimpah dari hasil buminya, Aamiin,"  tutupnya.

•  Asep Supriyatna