= Hari Ke Dua Normalisasi Parit Benteng, Kepala Desa Tumpatan Nibung Sarianto Tinjau Lokasi - Nuansa Metro

Hari Ke Dua Normalisasi Parit Benteng, Kepala Desa Tumpatan Nibung Sarianto Tinjau Lokasi


 
www.nuansametro.co.id - Deli Serdang
Kepala Desa Tumpatan Nibung Sarianto turun langsung tinjau pengerjaan normalisasi Parit Benteng mulai dusun VII Dalu sampai ke jl. Alteri bandara kualanamu Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang, Selasa (20/9/2022).

Dari amatan awak media www.nuansametro.co.id. Satu alat berat Excavator terlihat masih melakukan normalisasi parit benteng Dusun VII Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis, keberadaan alat berat ini untuk melakukan pengerukan akibat pendangkalan parit.

Kepala Desa Tumpatan Nibung Sarianto mengatakan, bahwa Normalisasi ini bertujuan untuk menambah daya tampung sekaligus memperlancar aliran air. 

"Normalisasi ini bisa meminimalisir banjir, terutama saat ada luapan air sungai Belumai dan terjadi hujan dengan intensitas tinggi,"  ujarnya. 

Pemerintah Desa (Pemdes) Tumpatan Nibung melakukan kegiatan pengerukan maupun pembersihan saluran air di seluruh wilayah Desa Tumpatan Nibung. Agar saluran air lancar dan mengimbau warga agar ikut menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah di parit Benteng.

"Titik banjir ini sudah kami inventarisir di seluruh Dusun sepanjang Parit Benteng Desa Tumpatan Nibung,"  jelas Sarianto

Dalam inventarisir titik banjir itu, Pemerintah Desa Tumpatan Nibung sudah mencatat diameter saluran yang tersumbat. Kemudian, langkah-langkah yang akan diambil juga telah ditentukan untuk membersihkan hambatan-hambatan terhadap saluran setiap hari.

"Saya mewakili Desa Tumpatan Nibung menyampaikan terima kasih kepada bapak Bupati Deli Serdang dan stakeholder, terkait Pengerjaan normalisasi pengerukan parit dengan penggunaan Excavator Amphibi milik Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi (SDABMBK) Pemerintah Kabupaten Deli Serdang,"  terangnya.

Menurutnya, beberapa tahun ini memang sering terjadi banjir dibeberapa titik di Desa Tumpatan Nibung dan terkadang tinggi banjir itu sampai 1 meter.

Normalisasi parit dan sungai menggunakan excavator sangat efektif, tidak tidak mengganggu arus lalu lintas proses pembersihan parit juga bisa lebih cepat.

"Dengan adanya normalisasi parit ini membuat titik yang mudah tergenang air. Saat ini mudah-mudahan kedepan nya aliran airnya mulai lancar. Jadi ada luapan sungai Belumai ataupun air kiriman dari gunung tidak lagi menjadi momok yang menakutkan bagi warga,"  Tutup Kepala Desa Tumpatan Nibung Sarianto.

• Romson Nainggolan