= Pembangunan Pabrik Yang Diduga Belum Kantongi Ijin, di Ontrog Tim Komisi I DPRD Majalengka - Nuansa Metro

Pembangunan Pabrik Yang Diduga Belum Kantongi Ijin, di Ontrog Tim Komisi I DPRD Majalengka


Foto : Sekertaris Komisi I DPRD Majalengka, Dasim Raden Pamungkas.

www.nuansametro.co.id - Majalengka
Berawal dari informasi adanya pembangunan sebuah pabrik yang diduga belum memiliki izin,
membuat sejumlah anggota dari Ketua Komisi hingga Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Majalengka melaksanakan kegiatan inspeksi mendadak (sidak) ke Desa Gandawesi, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Selasa (10/5/2022).

Mereka langsung memantau situasi pembangunan pabrik seluas 4,8 hektar itu dan bertemu dengan perwakilan owner pabrik dan terjadi diskusi.

Sekertaris Komisi I DPRD Majalengka, Dasim Raden Pamungkas mengatakan, bahwa agenda sidak ini dilaksanakan karena adanya informasi pembangunan pabrik di wilayah Desa Gandawesi yang diduga tidak berizin. 

"Pertama kami komisi I setelah membaca di media sosial, di pemberitaan, bahwa ada pembangunan di Desa Gandawesi yang diduga tidak berizin. Sehingga kami Komisi I melakukan langkah cek lapangan. Kita undang semua," ujar Dasim kepada media ini, Selasa (10/5/2022).

Setelah agenda sidak ini dilaksanakan, Komisi I akan memanggil semua pihak yang terlibat dalam proses pembangunan pabrik di wilayah Desa Gandawesi ini, dengan tujuan untuk membantu investor jika mengalami kendala dalam proses pembuatan izin. 

"Tujuannya membantu jika ada masalah dalam izinnya kita bantu. Kita membuka diri Majalengka, supaya semua investor datang ke Majalengka, tapi izinnya jangan diperlambat. Nanti kita cari di mana kalau memang ada masalah, masalahnya di mana. Apalagi sekarang sudah sistem Online Single Submission (OSS), izin itu mudah dan cepat." jelasnya.

Dasim menambahkan, upaya tersebut dilakukan, karena Komisi I saat ini belum bisa menyimpulkan apakah pembangunan pabrik tersebut berizin atau tidak.

"Nanti tindak lanjutnya kita akan undang semua pihak yang berkompeten perizinan, kita undang ke Komisi I, seperti PUTR, Lingkungan Hidup, Dinas Perizinan, nanti kita undang,"  tutup Dasim. 

• Soni WS