= Sektor 3 Citarum Harum Memiliki Kolam Pembenihan Ikan Air Tawar Khas Sungai Citarum - Nuansa Metro

Sektor 3 Citarum Harum Memiliki Kolam Pembenihan Ikan Air Tawar Khas Sungai Citarum


Foto : Komandan Sektor- 3 Citarum Harum Kolonel.Arh. Roby N Simanjuntak, S.IP sedang memberi pakan ikan.

www nuansametro.co.id - Bandung
Sektor 3 Citarum Harum mencoba mengembangkan pembenihan ikan air tawar khas Sungai Citarum yang berada di Subsektor 5 /Tanggulun di Kp Cieuri Desa Talun Kecamatan Ibun Kab. Bandung, Kamis (10/03/2022).

Pembenihan ikan air tawar khas Sungai Citarum ini sudah dilaksanakan sejak 2 hari yang lalu (Selasa, 08/03/2022) dan saat ini kolam sudah ditanami beberapa jenis bibit ikan khas Sungai Citarum, seperti ikan Beunteur, ikan Tawes dan ikan Sepat.

Pembenihan ikan ini bertujuan untuk mengembangbiakan beberapa jenis ikan yang biasa hidup dan berhabitat di Sungai Citarum, sekaligus mengembalikan ekosistem ikan air tawar khas Sungai Citarum yang sudah hampir punah keberadaannya.

"Apabila bibit ikan yang dibenihkan di kolam ini sudah mulai besar dan siap berkembangbiak di sungai, maka akan di sebar di sepanjang DAS Citarum, dikembalikan ke habitatnya. Saya berharap upaya ini dapat mengembalikan Sungai Citarum seperti dulu yang memiliki berbagai biota khas sungai Citarum, seperti ikan-ikan ini,"  ucap Komandan Sektor-3 Citarum Harum Kolonel Arh Roby N Simandjuntak, ketika dikonfirmasi melalui WhatsApp nya.

Laporan  : Purwadhi-JSI