= Komplek Kampung Budaya Akan di Sulap Menjadi Sentra UMKM, Pusat Seni dan Kebudayaan Karawang - Nuansa Metro

Komplek Kampung Budaya Akan di Sulap Menjadi Sentra UMKM, Pusat Seni dan Kebudayaan Karawang


Foto : Bupati Karawang, Sekda Acep Jamhuri bersama jajaran PT. Jasa Kawan Indonesia.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Bupati Karawang, Hj. dr. Cellica Nurrachadiana menyambut baik dan mendukung PT. Jasa Kawan Indonesia (JKI) untuk penggunaan Kampung Budaya sebagai sentra UMKM dan pusat seni dan kebudayaan Karawang. 

Hal itu di sampaikan oleh Bupati Karawang, saat memberikan sambutan pada pembukaan festival kuliner yang di gagas PT. JKI, di depan halaman kantor PT. JKI, komplek pasar bersih Karawang, Sabtu (26/2/2022) 

Bupati Karawang mengatakan, selama niatnya baik, konsepnya baik, fasilitas Pemda Karawang harus di kerjasama kan dengan orang-orang yang profesional, 

"Pemda Karawang siap bekerjasama dengan PT. JKI menjadikan kampung budaya sebagai pusat kebudayaan dan pusat kuliner asli Karawang,"  ujarnya.

Masih dalam sambutannya, Bupati Karawang menuturkan fokus pada periode ke dua dirinya menjabat sebagai Bupati Karawang, salah satunya peningkatan ekonomi melalui produktivitas UMKM di Kabupaten.

Menurut Bupati, pengembangan UMKM itu harus di selesaikan dari hulu ke hilir, hulunya yaitu dari segi permodalan, Pemda Karawang menganggarkan khusus untuk membantu UMKM Karawang dari segi permodalan, namun tidak dalam bentuk uang. 

Foto : Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Dalam hal ini, pemda membantu dari segi peralatan yang mendukung produktivitas UMKM, dan hilirnya yaitu  saluran distribusi dan penjualan produk hasil UMKM Karawang, peran serta Pemda Karawang untuk membantu promosi dan menjual produk UMKM Karawang.

"Seperti mewajibkan gerai-gerai pasar modern harus memamerkan dan menjual produk hasil UMKM Karawang, serta mewajibkan koperasi-koperasi di perusahaan menjual produk produk UMKM asli Karawang,"  tegasnya.

Sebelumnya, ketua pelaksana festival kuliner, Nace Permana pada sambutannya, memohon izin kepada Bupati Karawang dan Pemda Karawang, untuk menggunakan kampung budaya sebagai sentra UMKM dan pusat seni dan budaya Karawang. 

Nace memiliki konsep kampung budaya menjadi pusat kuliner dan pusat penjualan oleh-oleh asli Karawang, di kampung budaya pun akan menjadi tempat pentas seni dan kebudayaan Karawang.

Foto : Ketua Pelaksana Festival Kuliner, Nace Permana.

"Tentunya, dengan begitu akan mengangkat pelaku UMKM dan pelaku seni di Karawang,"  ucap Nace Permana.  (Irfan)