= Ucapan Kontroversi Yaqut Cholil Qoumas Terus Menuai Protes, Massa FBR dan LSB Demo Kantor Kemenag - Nuansa Metro

Ucapan Kontroversi Yaqut Cholil Qoumas Terus Menuai Protes, Massa FBR dan LSB Demo Kantor Kemenag


Foto : Massa FBR dan Laskar Suku Betawi saat melakukan aksi damai dikantor kementerian agama, Jum'at (26/2).

www.nuansametro.co.id -  Jakarta
Aksi unjuk rasa dilakukan oleh Organisasi masyarakat Forum Betawi Rempug (FBR) terkait ucapan yang di lontarkan menteri agama Yaqut Cholil Qoumas yang berlangsung di depan gedung kementerian agama Jakarta Pusat, Jum'at (25/2) siang berlangsung kondusif. 

Unjuk rasa yang dilakukan dari berbagai kalangan organisasi masyarakat (Ormas), diantaranya Forum Betawi Rempug se-Jabodetabek, Laskar Suku Betawi, serta kalangan masyarakat lainnya.

Titik kumpul massa berada di Sekretariat FBR Jakarta Pusat pada pukul 10.00 WIB, anggota TNI dan Kepolisian di siagakan guna menjaga keamanan. Kapolsek Kemayoran, Kompol Ewo Samono memberikan himbauan bahwasanya agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker pada saat demo berlangsung, serta menjaga ketertiban dikarenakan jakarta masih berada pada pandemi Covid -19 level 3.

"Kami, Polsek Kemayoran menghimbau kepada rekan-rekan, ataupun kepada saudara-saudara FBR yang akan melaksanakan aksi penyampaian pendapat. Supaya menjaga ketertiban karena masih masa pandemi, maka protokol kesehatan tetap dijaga kemudian pada saat perjalanan, ataupun pada saat penyampaian pendapat jangan membuat keributan, dan hindari gesekan-gesekan. Baik dengan peserta unras lainnya, maupun dengan aparat pengamanan" Ujar Kompol Ewo Samono

Dalam pantauan Jurnalis Nuansa Metro, Maryadi selaku perwakilan Forum Betawi Rempug Jakarta Pusat mengatakan, bahwa hari ini FBR akan menyuarakan suara rakyat dan akan demo ke gedung Kementerian Agama tapi dengan cara demo damai, serta akan mematuhi segala peraturan pemerintah yang ada. 

"Demo ini terkait pernyataan kontroversi menteri agama yang berbicara bahwasanya suara anjing disamakan dengan suara adzan, jadi pada saat ini kita akan menyuarakan aspirasi dari FBR Kepada pemerintah supaya menangani masalah seperti ini" ucapnya.

Masa FBR juga menuntut diturunkan Yaqut Cholil Qoumas dan diganti dari jabatannya sebagai Menteri Agama.

Dalam aksi unjuk rasa terse, FBR menurunkan ribuan anggotanya Se-Jabodetabek.

 "Perkiraan anggota yang turun pada hari ini ada ribuan orang"  tutupnya. 

Kemudian massa bergerak menuju Masjid Istiqlal pada pukul 11.30 dengan diawali Sholat Jum'at bersama. Dalam pantauan Jurnalis Nuansa Metro, David Darmawan Rais Laskar Suku Betawi mengatakan, dengan kerendahan hati dirinya sebagai muslim dan khususnya warga Betawi sangat geram mendengar narasi dari seorang pejabat publik di level Menteri. 

"Seharusnya lebih banyak berfikir cara beliau menyikapi satu komentar membuat satu narasi, jika itu bukan suatu analogi itu adalah suatu kebohongan publik" cetusnya. 

Jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, mereka mengancam akan melakukan aksi dengan jumlah massa yang lebih lagi.

"Kita aksi damai. Turunkan menteri agama,"  tutupnya.

Aksi unjuk rasa ini juga mendapatkan pengawalan ketat dari petugas Kepolisian. (Zul/Sar)