= Bencana Tanah Longsor di Sukamukti Sukanagara Cianjur, Menutup Akses Jalan Utama - Nuansa Metro

Bencana Tanah Longsor di Sukamukti Sukanagara Cianjur, Menutup Akses Jalan Utama


Foto : Alat berat dari dinas PUPR Cianjur sedang membersihkan timbunan tanah longsor di Kp. Sukamukti, Ciguha, Sukanagara, Rabu (3/11).

www.nuansametro.co.id - Cianjur
Tanah longsor kembali terjadi dan menutup akses jalan di Kampung Sukamukti, Desa Ciguha, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, pada Rabu (3/11/2021).

Tidak ada korban jiwa dalam bencana yang diakibatkan guyuran hujan berintensitas tinggi itu. Namun, mengakibatkan akses jalan penghubung antar kecamatan terputus.

Anggota Rescue Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Herman mengatakan, tanah longsor yang kembali terjadi di wilayah Kecamatan Sukanagara menutup akses jalan utama penghubung Kecamatan Sukanagara dengan Pagelaran.

“Tidak ada korban, tetapi material longsoran menutupi badan jalan sehingga akses jalan tidak dapat dilalui,” ujar Herman kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

Ia menjelaskan, tingginya intensitas hujan yang terus mengguyur kawasan itu sejak beberapa hari terakhir dan menimbulkan sejumlah bencana.

Tebing 25 Meter Longsor, Jalan Utama Sukanagara tertutup material tanah.

“Kawasan Sukanagara, dalam dua hari terakhir terus diterjang bencana. Mulai dari banjir akibat luapan sungai, hingga tanah longsor yang menutup akses jalan,” ucapnya.

Minimnya peralatan penanganan kebencanaan, kata Herman, menjadi kendala personel di lapangan dalam mengevakuasi material longsoran.

“Alat berat milik PUPR hanya ada satu unit, sementara titik longsor terjadi di beberapa lokasi. Sehingga penanganannya bergantian dan cukup menjadi kendala,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Sukanagara, AKP Tio mengungkapkan, dalam dua hari terakhir wilayah Sukanagara diterjang bencana banjir dan longsor yang menutup sejumlah ruas jalan.

“Warga dan pengendara yang melintas ruas jalan yang rawan bencana, kami imbau agar selalu berhati-hati dan waspada,”(DN)

Posting Komentar untuk "Bencana Tanah Longsor di Sukamukti Sukanagara Cianjur, Menutup Akses Jalan Utama"