= Aliansi LSM dan Ormas Kabupaten Karawang, Akan Laporkan Ketua Umum LSM GMBI ke Polisi - Nuansa Metro

Aliansi LSM dan Ormas Kabupaten Karawang, Akan Laporkan Ketua Umum LSM GMBI ke Polisi


Foto : LSM dan Ormas yang tergabung dalam Aliansi LSM dan Ormas Kabupaten Karawang, saat melakukan konferensi pers di kantor LBH Cakra, Jum'at (26/11).

Beberapa hari kebelakang, Kabupaten Karawang sempat dibuat mencekam, dengan adanya bentrokan antar LSM dan ormas, tepatnya terjadi pada Rabu (24/11/2021) lalu.

Walaupun tidak sempat terjadi bentrokan besar, namun aksi bentrok itu mengakibatkan adanya jatuh korban meninggal, salah satu korban yang meninggal, merupakan anggota LSM GMBI Distrik Rembang Jawa Tengah.

Keesokan harinya, Kamis (25/11/2021), pihak Polres Karawang mengamankan lima orang yang diduga kuat sebagai pelaku penganiayaan terhadap korban dan dua orang dalam tahap pemeriksaan penyidik.

Aliansi LSM dan Ormas Kabupaten Karawang akhirnya angkat bicara, untuk menyikapi peristiwa kelam tersebut.

Ketua Aliansi LSM dan Ormas Kabupaten Karawang, H. ME. Suparno, menyampaikan dari hati yang paling dalam, memohon maaf khususnya kepada Muspida Kabupaten Karawang, dalam hal ini Bupati Karawang, Dandim 0604 Karawang dan Kapolres Karawang, serta umumnya kepada seluruh masyarakat Karawang yang terganggu secara fisik dan psikis atas kejadian kemarin.

"Kami turut berduka cita yang mendalam untuk seluruh keluarga korban dari berbagai pihak,” ucap Suparno, yang juga Ketua Umum DPP Laskar NKRI, saat konferensi pers di LBH Cakra, Jumat (26/11/2021).

Pihaknya mempercayakan proses hukum atas kejadian Rabu kemarin kepada pihak penegak hukum dengan seadil-adilnya dan utuh menyeluruh dari awal hingga akhir kejadian, berdasarkan pada data dan fakta yang ada.

“Dalam hal ini kami tetap berkomitmen hukum adalah sebagai panglima di Republik Indonesia ini yang kita cintai, khususnya di Kabupaten Karawang,” tegas Suparno.

Ia pun mengungkapkan, kegiatan pada Rabu kemarin adalah bentuk solidaritas antar anggota aliansi LSM/Ormas Kabupaten Karawang dan antisipasi terhadap anasir-anasir kedatangan rombongan ormas daru luar Karawang dalam jumlah besar memasuki Karawang, dengan misi dan tujuan yang tidak jelas.

“Sedikit pun tidak ada pesan dari pimpinan ormas yang tergabung dalam Aliansi LSM/Ormas Kabupaten Karawang, untuk menyerang Forum LSM yang sedang memaksa dan menekan perusahaan di Kawasan industri. Justru kami berkali-kali menegaskan kepada seluruh anggota untuk tidak terprovokasi oleh pihak lain,” ungkapnya.

Pihaknya pun berkomitmen akan melakukan pendampingan terhadap semua anggotanya, yang sedang berperkara hukum sebagai ekses kegiatan Rabu kemarin.

“Kami Aliansi LSM/Ormas akan membuat laporan kepada penegak hukum, dalam hal provokasi dan yang membawa senjata api di PT. ICHI Kawasan KIIC Karawang, yaitu Ketua Umum DPP LSM GMBI,” tutupnya.

Saat konferensi pers, Ketua Aliansi LSM dan Ormas Kabupaten Karawang, H. ME. Suparno, didampingi oleh beberapa elemen Ormas/LSM yang tergabung dalam Aliansi Ormas Karawang ini diantaranya, GMPI, Laskar NKRI, Laskar Merah Putih (LMP), KOMPAK, Gibas Jaya, Gibas Cinta Damai, serta Satria Banten. (Fan/Red)