= Hadirnya Bumdes Dapat Wujudkan Ekonomi Masa Depan Desa, 'Tinggal Di Desa Rezeki Kota Bisnis Mendunia' - Nuansa Metro

Hadirnya Bumdes Dapat Wujudkan Ekonomi Masa Depan Desa, 'Tinggal Di Desa Rezeki Kota Bisnis Mendunia'


Foto : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, saat Pembukaan Simposium Kolaborasi dan Sinergi BUMN-BUMD-BUMDes Jabar, di Hotel Preanger, Kota Bandung, Jumat (26/11/2021).

www.nuansametro.co.id - Bandung 
Mewujudkan Ekonomi masa depan dengan hadirnya bumdes akan semakin dekat hal ini di ungkapkan Ridwan Kamil Gubernur jabar dalam acara Pembukaan Simposium Kolaborasi dan Sinergi BUMN-BUMD-BUMDes Jabar, di Hotel Preanger, Kota Bandung, Jumat (26/11/2021).

Dengan BUMDes, maka upaya untuk mewujudkan desa sebagai ekonomi masa depan, akan semakin dekat. 

"Ini juga sejalan dengan slogan 'Tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia'. Ungkapnya.

Gubernur menargetkan, seluruh desa sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di 2023, sehingga perputaran ekonomi desa di Jawa Barat bisa lebih maju lagi.

"Nantinya, BUMDes ini akan berkolaborasi dengan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)"  ujarnya.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan sinergi antara BUMDes dengan BUMN-BUMD.
Ridwan Kamil mengungkapkan, sudah ada sekitar 1.400 BUMDes yang lahir di era kepemimpinannya bersama Uu Ruzhanul Ulum. Sedangkan jumlah desa di Jawa Barat mencapai 5.300 desa.

 "Selama saya memimpin, ada sekitar 1.400 Bumdes lahir, insyaa Allah di dua tahun kita targetkan semua desa punya badan usaha," Imbuhnya.

Setelah terbentuk, BUMDes ini nantinya akan di bagi ke dalam beberapa kelompok. Kelompok ini disesuaikan dari berapa omzet yang didapat oleh BUMDes tersebut.

"Kami ingin ada lompatan. Apa kita bikin leveling kalau bintang dua itu di bawah 10 juta kalau bintang 5 omzetnya miliaran supaya omsetnya bintang 5," kata RK.

Ditempat yang sama, Diky Saromi Kepala Dinas DPMD Provinsi Jawa Barat  mengatakan, di bandingkan tahun 2018, kini kurang lebih 3695   bumdes yang sudah berdiri adalah capaian yang sangat luar biasa. 

Hal ini, tak lepas dari program yang dilakukan melalui SABISA (Sakola Bisnis Desa), dengan meningkatnya pendirian bumdes, menunjukan bahwa bumdes sudah menjadi bagian dari organisasi desa, untuk bisa meningkatkan ekonomi desa dan  menjadi peluang-peluang bisnis desa melalui simposium desa ini.

"Dengan harapan memfungsikan bumdes sebagai pusat digitalisasi, sehingga bisa bersatu padu untuk mencapai Jabar juara” Tuturnya.

Hadir dalam acara tersebut Wiyoto Dirut PT Mitra Bumdes Nusantara, Wiyoto, M. Agrosolution dari PT pupuk Indonesia, M. Bumansyah K.Vp, Dirut Bank BJB, Yuddy Renaldy, Forum Bumdes Jawa Barat dan 100 peserta Sakola Bisnis Desa  ( DIspi )

Posting Komentar untuk "Hadirnya Bumdes Dapat Wujudkan Ekonomi Masa Depan Desa, 'Tinggal Di Desa Rezeki Kota Bisnis Mendunia'"