= Terlalu!, Sekelas RSUD Karawang, Diduga Buang Limbah Medis Bekas Pakai di Sembarang Tempat - Nuansa Metro

Terlalu!, Sekelas RSUD Karawang, Diduga Buang Limbah Medis Bekas Pakai di Sembarang Tempat



Foto : RSUD Kabupaten Karawang.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Sejumlah limbah medis berupa jarum suntik hingga selang dan botol infus ditemukan di area lahan yang dijadikan tempat pembuangan sampah di lokasi sekitaran RSUD Kabupaten Karawang. Keluarga pasien dan warga sekitar dibikin resah, karena limbah medis berceceran di sekitar lahan kosong yang berada tidak jauh dari Istalansi Gawat Darurat (IGD) RSUD Karawang Karawang.

"Ini ada limbah medis diketahui pada Minggu (1/8/2021) pagi, sekitar jam 07.00 WIB saat mau membeli bubur," kata salah seorang penunggu pasien, berinisial DH, saat diwawancarai oleh awak media online nuansametro.co.id.

Foto : Limbah Medis bekas pakai, yang diduga dibuang sembarangan dilingkungan RSUD Kabupaten Karawang.

DH menyebut, limbah medis itu berupa bekas jarum suntik, botol obat, selang dan botol infus. Sampah medis itu berserakan diatas puing- puing bekas bongkaran bangunan. Dia khawatir jika jarum suntik itu berindikasi mengandung virus berbahaya.

Dari pantauan langsung media nuansametro.co.id di lokasi, limbah medis yang tercecer tidak jauh dari Istalansi Gawat Darurat (IGD) RSUD Karawang itu, memang berupa jarum suntik, Selang oksigen, Botol bekas obat, masker. Selang infusan yang menyatu dengan ceceran limbah non ekonomis.

Limbah medis yang tercecer tersebut sepertinya sudah lama, namun terkesan dibiarkan begitu saja, karena terlihat kotor dan berserakan.

Bahkan terlihat sebagian limbah tersebut telah tertimbun menggunakan matras sisa bongkahan bangunan agar tidak terlihat lagi.

Foto : limbah medis bekas pakai yang ditemukan di lingkungan RSUD Kabupaten Karawang.

Namun yang cukup mengejutkan hanya beberapa meter di samping gerbang keluar RSUD ada sampah-sampah yang dibakar, padahal sampah rumah tangga atau sampah non medis seharusnya diangkut dan dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah milik Pemkab Karawang, yaitu Tempat Pembuangan Akhir Sampah Jalupang, Kota Baru. 

Saat masalah tersebut di konfirmasi kan kepada Direktur RSUD Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana, dirinya hanya mengatakan, masalah tersebut akan di cek terlebih dahulu, Minggu (1/8/2021).

"Nanti saya akan cek dulu" ucapnya. (Fan/Jak/Oya)

Posting Komentar untuk "Terlalu!, Sekelas RSUD Karawang, Diduga Buang Limbah Medis Bekas Pakai di Sembarang Tempat"