= Kelompok Tani Karya Mekar, Lakukan Pekerjaan Proyek Jalan Usaha Tani (JUT) - Nuansa Metro

Kelompok Tani Karya Mekar, Lakukan Pekerjaan Proyek Jalan Usaha Tani (JUT)


Foto : Ketua kelompok tani Karya Mekar bersama Sekretaris Sukarman.

www.nuansametro.co.id - Rengasdengklok 
Kelompok Tani Karya Mekar Desa Karyasari Kecamatan Rengasdengklok Karawang, belum lama ini mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui Dinas Pertanian melalui anggaran Dana DAK (Dana anggaran Khusus) untuk kegiatan infrastruktur yaitu pembangunan pengerasan jalan usaha tani, yang selama ini jalan tersebut menjadi kendala buat para petani disamping itu, sarana yang sangat mendukung aktivitas kelangsungan Pertanian dapat meningkatkan swasembada pangan. 

Seperti penuturan Dedi Rohadi ketua kelompok tani Karya Mekar saat dikonfirmasi www.nuansametro.co.id, jum, at (9/7/21). Di lokasi kegiatan dia mengatakan, kegiatan pelaksanaan JUT (jalan usaha tani)  yang akan di mulai dikerjakan mulai besok Dan sementara ini baru selesai pengadaan bahan material nya. 

"Kegiatan ini merupakan pengerasan jalan yang berlokasi sepanjang jalan tanggul saluran pembuang, yang selama ini dikeluhkan oleh para petani, kegiatan pengerasan jalan sepanjang 900 meter dengan lebar 2 meter anggaran tersebut mencapai Rp 180 juta, anggaran melalui 3 tahap" ungkap Dedi.

Masih kata Dedi dengan adanya perhatian dari pemerintah melalui Dinas Pertanian ini, untuk sarana jalan Pertanian dapat dirasakan manfaatnya dari luas areal sawah yang menikmati jalan tersebut mencapai 120 hektar. 

Disamping itu manfaat nya pengerasan jalan akses para petani pada musim tanam dan saat panen raya tidak khawatir lagi beban biaya yang tinggi. 

"Pasalnya biaya angkut cukup tinggi akibat jalan sulit dilalui, berakibat kepada anjlok harga padi, dengan  harapan adanya program pengerasan jalan usaha tani untuk selanjutnya dapat di tingkatkan ke program pengecoran" Pungkas Dedi. 

Hal senada di ungkapkan Sukarman selaku sekertaris kelompok Tani Karya Mekar mengucapkan, dengan adanya bantuan dari pemerintah ini sangat menunjang sekali untuk kelangsungan para petani. Karena akses jalan tersebut dapat bermanfaat untuk sarana produksi Pertanian dan akan meningkatkan kesejahteraan buat para petani. 

Harga padi biasanya anjlok murah akibat jalan yang dilalui rusak, maka para pembeli gabah /padi akan murah dan anjlok harganya. Namun dengan adanya bantuan inspratruktur dari pemerintah untuk sarana jalan  Pertanian yang dilaksanakan oleh kelompok tani, dapat mengurangi beban biaya angkut. 

Dan berharap kepada pemerintah agar adanya pengerasan jalan usaha tani lebih di tingkatkan ke pengecoran beton. (ito)

Posting Komentar untuk "Kelompok Tani Karya Mekar, Lakukan Pekerjaan Proyek Jalan Usaha Tani (JUT) "