= Donasi Dari ASN Karawang Telah Disalurkan Sepenuhnya Kepada Warga Yang Terdampak Banjir - Nuansa Metro

Donasi Dari ASN Karawang Telah Disalurkan Sepenuhnya Kepada Warga Yang Terdampak Banjir



Donasi (Bantuan) dari ASN Karawang.

www.nuansametro.com-Karawang
Belum juga usai dampak pandemi Covid-19, musibah banjir datang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Karawang. Curah hujan dengan intensitas tinggi yang melanda beberapa wilayah mengakibatkan bancana banjir. Dampak akibat bencana banjir ini menyebakan kerusakan sarana dan prasarana, serta melumpuhkan jalur transportasi, pencemaran lingkungan, juga munculnya penyakit serta warga harus tinggal di pengungsian.

Karawang adalah salah satu wilayah yang terdampak banjir. Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan dirilis Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karawang per 1 Februari 2020 kemarin, tercatat sebanyak 39 Desa terdampak yang tersebar di 17 Kecamatan yang mengalami banjir. Dampaknya dialami oleh 37.474 jiwa dari 12.650 kepala keluarga. Tercatat 8.648 jiwa atau 3.625 Kepala Keluarga mengungsi. Banjir juga mengakibatkan kerusakan 11.044 rumah dan 501 sarana lainnya.

Melihat kondisi tersebut, ASN Karawang bergerak cepat menyalurkan bantuan untuk meringankan beban korban banjir. Beberapa waktu lalu, bantuan berupa makanan dan minuman itu terdiri dari 500 dus mie instant, 500 dus air mineral botol, 100 dus susu kotak.  Bantuan tersebut senilai Rp 71.725.528,- dan akan disebar ke beberapa daerah yang membutuhkan untuk meringankan beban masyarakat akibat dampak bencana banjir. Sumber dananya berasal dari saldo bantuan ASN tahun 2020 yang lalu.

Kabid Kesdis BKPSDM Karawang, Dudi.

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas terhadap masyarakat Karawang yang terkena musibah banjir dari teman-teman ASN Karawang. Tentu bila dibandingkan dengan kerugian yang dialami oleh para korban banjir bantuan ini tidak ada apa-apanya, akan tetapi mudah-mudahan hal ini bisa turut membantu meringankan beban mereka, air bersih setetes pun bisa sangat berarti bagi yang terdampak”, Kata Kabid Kesdis BKPSDM, Kabupaten Karawang, Dudi kepada nuansametro.com, Jum'at (19/3/2021).

Dudi juga mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ASN Kabupaten Karawang. Ini adalah wujud dari sensifitas, solidaritas dan kepedulian ASN Karawang kepada masyarakat. Bantuan tersebut, sebagai bentuk pertanggungjawaban dirinya bersama tim kepada seluruh ASN yang telah mendonasikan sebagaian hartanya. 

"Kepedulian ASN Karawang ini merupakan wujud implementasi nilai dasar maupun kode etik serta kode prilaku ASN. Semoga donasi ini akan menjadi amal ibadah bagi ASN Kabupaten Karawang. Kita sama-sama berharap dan berdoa semoga pandemi Covid-19 segera berlalu, bencana banjir juga segera usai, serta kita semua dalam keadaan sehat.”pungkasnya. (Np)