= Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2023 - 2024, Unsika Luluskan 1.233 Wisudawan - Nuansa Metro

Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2023 - 2024, Unsika Luluskan 1.233 Wisudawan


Foto : Kegiatan wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2023-2024 universitas Singaperbangsa Karawang 

Nuansa Metro - Karawang

Universitas Singaperbangsa Karawang, menggelar Wisuda gelombang II tahun akademik 2023-2024, bertempat di Aula Unsika Karawang, Selasa (19/12/2023).

Pada kegiatan Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2023/2024 Unisika meluluskan sebanyak 1.233 orang lulusan, yaitu 39 orang wisudawan program Diploma, 1.163 orang wisudawan program Sarjana dan 31 orang wisudawan program Magister, yang berlangsung selama dua hari tanggal 19-20 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Rektor Unsika, Prof Ade Maman Suherman, S.H., M.Sc, mengatakan, bahwa Saat ini Universitas Singaperbangsa Karawang terus berbenah dan mengembangkan serta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas mutu lembaga, dalam rangka memberikan pelayanan terhadap warga sivitas akademika agar lebih baik. Dalam mengembangkan inovasi keilmuan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan era revolusi industry 5.0 melalui budaya Tridarma Perguruan Tinggi, kami berkeyakinan bahwa pengembangan inovasi tersebut haruslah dilandasi nilai-nilai etika, akhlak dan moral tertentu yang mampu mengendalikan dan mengarahkan pengembangan inovasi untuk kemaslahatan dan kebarokah bagi masyarakat.

"Kami yakin bahwa suatu inovasi perlu dilandasi oleh nilai-nilai etika dan akhlak yang baik. Yang akan menjamin bahwasannya inovasi tersebut tidak akan disalahgunakan atau berdampak negatif terhadap masyarakat luas. Sebaliknya, inovasi yang dikembangkan haruslah memberi kemanfaatan/maslahat yang sebesarbesarnya bagi kehidupan masyarakat luas," ucap Prof. Ade.

Rektor Unsika menambahkan, pihaknya menyebut inovasi yang berlandaskan nilai-mlai etika tersebut sebagai innovaethics value Apa yang dikemukakan di atas tentang perguruan tinggi dan inovasi, lebih dahulu telah dikemukakan oleh Mowery & Sampat, yang menyatakan bahwa, di akhir abad ke-20, dengan anggapan bahwa universitas adalah bagian dari sistem inovasi, universitas harus berperan mendukung pembangunan sosial dan ekonomi lokal maupun regional. Maka Universitas Singaperbangsa Karawang harus berkembang menjadi entrepreneurialuniversity yang rahmatan lil'alamiin.

Dikesempatan ini, Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangga kepada para orang tua/wali wisudawan wisudawati. 

"Dan pada hari ini pula kami menyerahkan kembali anak-anak kepada Bapak/Ibu/Saudara/1 yang telah dititipkan kepada kami," ujarnya.


Atas pencapaian tersebut beliau mengucapkan terimakasih kepada jajaran Rektorat serta seluruh Civitas Akademika dan Tendik Universitas Singaperbangsa Karawang.

"Terimakasih bagi panitia dan seluruh civitas akademika Unsika yang telah menyiapkan penyelenggaraan wisuda dengan baik dan berpesan pada para wisudawan, setidaknya ada 7 kunci proses dalam menjalani kehidupan, yaitu Bertaqwa, birrul walidain, banyak Do'a, bersedekah, memperluas Ilmu, disiplin, dan menikmatiProses," pungkasnya.


• Irfan Sahab