= 12 Kabupaten Dan Kota Terdampak Bencana Mendapat Bantuan Logistik Dari Pemerintah Provinsi Sumut - Nuansa Metro

12 Kabupaten Dan Kota Terdampak Bencana Mendapat Bantuan Logistik Dari Pemerintah Provinsi Sumut


Foto : Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, saat melepas pendistribusian bantuan logistik penanggulangan bencana dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut ke 12 Kabupaten/Kota se-Sumut yang terdampak banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

Nuansa Metro - Medan 

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, secara simbolis melepas pendistribusian bantuan logistik penanggulangan bencana dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut ke 12 Kabupaten/Kota se-Sumut yang terdampak banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya Pj Gubernur Sumut bersama Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) melepas bantuan logistik dari Pemprov Sumut ke Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumut tahun 2023,” ucap Hassanudin pada acara yang berlangsung di Halaman Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, pada Senin (18/12/2023).

Bantuan yang disalurkan meliputi 6,5 ton beras, 3.200 bungkus mie instan, 1,3 ton minyak makan, 1.660 kaleng ikan, 2,5 ton gula, 600 lembar kain sarung, 350 lembar selimut, 240 batang kayu, dan 275 lembar seng.

Pj Gubernur menjelaskan, bahwa bantuan ini merupakan wujud dukungan Pemprov Sumut kepada masyarakat yang terdampak bencana, dengan harapan agar semua yang terkena dampak dapat menerima bantuan tersebut untuk meringankan beban mereka.

"Ini adalah dukungan kita (Pemprov Sumut), terutama bagi masyarakat yang akan merayakan Natal dan menyambut tahun baru 2024. Kita tidak bisa meramalkan bencana alam secara pasti, oleh karena itu, kita perlu berada dalam kondisi siaga,” tegasnya.

Pj Gubernur juga mengingatkan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk tetap siap dalam penanggulangan bencana.

“Kepada masing-masing pegawai dan personel, tetap menjaga kesehatan, karena kita tidak tahu kapan bencana akan datang. Kehadiran BPBD sangat diperlukan saat terjadi bencana,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Sumut, Tuahta Ramajaya Saragih, menyebutkan bahwa bantuan telah diberikan kepada 12 Kabupaten/Kota yang terdampak banjir, tanah longsor, dan puting beliung.

"Jenis bantuan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Kabupaten/Kota. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat Sumut,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan pengiriman bantuan ini Asisten Administrasi Umum Lies Handayani Siregar, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, dan Kepala Biro Umum Dedi Jaminsyah Putra.


•  Romson nainggolan