= Peringati Hari HIV Sedunia Lapas Kelas IIA Cikarang Gandeng Yayasan Rumah Sebaya dan Klinik Angsa Merah Jakarta Lakukan Mobile VCT Pada Warga Binaan - Nuansa Metro

Peringati Hari HIV Sedunia Lapas Kelas IIA Cikarang Gandeng Yayasan Rumah Sebaya dan Klinik Angsa Merah Jakarta Lakukan Mobile VCT Pada Warga Binaan


Foto : Giat Mobil VCT HIV/ AIDS pada warga binaan (WBP) di lapas kelas IIA Cikarang Bekasi 

Nuansa Metro - Bekasi 

Dalam rangka memperingati hari HIV/ AIDS Sedunia, lembaga permasyarakatan kelas IIA Cikarang dengan menggandeng Yayasan Rumah Sebaya dan Klinik Angsa Merah Jakarta melakukan Mobil VCT HIV/ AIDS pada warga binaan (WBP) di lapas tersebut.

Di lakukan pada Selasa siang 5 Desember 2023 dan bertempat di Aula Gedung II Lapas Kelas IIA Cikarang giat Mobil VCT HIV/ AIDS di lakukan pada warga binaan, dengan menurunkan 10 petugas kesehatan dan satu derektur dan klinik angsa merah di bantu 4 tim dan satu derektur dari yayasan rumah sebaya

Dalam giat tersebut di ikuti peserta sebanyak 164  orang WBP dan Tahanan yang berada di dalam lembaga permasyarakatan kelas IIA Cikarang, giat ini sendiri di lakukan dalam rangka hari HIV/AIDS sedunia.

Dalam giat Mobil VCT HIV/ AIDS pada warga binaan (WBP) di lapas tersebut di lakukan di laksanakan pendataan dan skrining bagi peserta/WBP; dalam kesempatan tersebut juga mendengarkan sambutan oleh Bapak Kalapas Kelas IIA Cikarang tentang HIV/AIDS dan penanganan penderita khusunya dilingkungan Lapas.

Selain itu juga sambutan di berikan  Direktur Yayasan Rumah Sebaya,yang juga memberikan penyuluhan dari dokter Klinik Angsa Merah, perihal orang yang terjangkit virus HIV/AIDS serta efek kontak dan penanganan secara VCT, serta dilakukan tanya kuis dengan para warga binaan dan tahanan mengenai pemahaman HIV/AIDS.

Adapun giat yang di ikuti 164 orang WBP 149 laki laki warga binaan dan 15  orang perempuan yang juga warga binaan di lapas kelas IIA Cikarang kabupaten Bekasi.

"Diantara ratusan warga binaan yang mengikuti kegiatan tersebut di lakukan pengambilan sample darah dan pemeriksaan dan observasi selama 30 menit sampai menunggu hasil serta evaluasi bagi warga binaan dalam program obat ARV" ucap Kalapas lepas IIA Cikarang Imam Sapto Riadi M.H.


"Alhamdulilah dalam kegiatan ini tidak ada WBP yang terinfeksi HIV/AIDS dan 

pelaksanaan dilakukan dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan serta kegiatan terlaksana dengan baik, aman dan kondusif," tandes Imam Sapto Riadi M.H.



NANA