= DPC GMPI Tirtajaya Sesalkan Pekerjaan JUT di Dusun Cibatu Diduga Tanpa Papan Proyek Dan Pengawasan Dari Dinas Pertanian - Nuansa Metro

DPC GMPI Tirtajaya Sesalkan Pekerjaan JUT di Dusun Cibatu Diduga Tanpa Papan Proyek Dan Pengawasan Dari Dinas Pertanian



Nuansa Metro - Karawang

Sekertaris Ormas GMPI DPC Tirtajaya, Wawan Gunawan merasa kecewa dengan pekerjaan pemeliharaan jalan usaha tani di Dusun Cibatu RT 006/003 Desa Kutamakmur Kecamatan Tirtajaya yang saat ini dalam tahap pengerjaan terkesan dikerjakan asal-asalan.

Sumber anggaran pembangunan tersebut dibiayai dari APBD Kabupaten Karawang tahun 2023 melalui dinas Pertanian Kabupaten Karawang. Selain tidak ada papan informasi di lokasi pekerjaan, pada pelaksanaan pengerjaan terlihat batu kapur yang di dipasangkan hanya sedikit dan asal, Minggu (03/12/2023).

Menurut Wawan Gunawan alias Bagong, seharusnya pihak pelaksana harus teransparan dalam pekerjaan tersebut, papan informasi proyek harus terpasang agar masyarakat mengetahuinya tentang asal usul pekerjaan tersebut.

"Papan informasi proyek tidak di pasang seakan-akan pekerjaan tersebut milik pribadi, saya selaku sosial control wajar mempertanyakan pekerjaan tersebut karena ini uang negara alias uang rakyat, bahkan para petani di sini juga harus tau sumber anggaran nya dari mana, jangan semaunya aja dikerjakan tapi tidak teransparan," kata Wawan Bagong .

Lanjut Wawan, seharusnya pengawas dari dinas pertanian turun ke lokasi, jangan hanya mendapat laporan dari pelaksana atau mandor di lapangan daja. 

"Pengawasan atas pembangunan infrastruktur itu sangat penting. Jangan cuma liat Poto kiriman dari mandor dilapangan, pengawas itu kan di gajih sama negara, kerja nya jangan makan gaji buta doang itu pengawas,"  ujarnya.

"Bahkan pihak pelaksana pun menurut keterangan UPTD, tidak ada konfirmasi ke Pihak UPTD pertanian Tirtajaya, berarti seakan-akan UPTD Pertanian Tirtajaya tidak dihargai sama sekali oleh pelaksana. Nah ini ada apa pelaksana sama Dinas Pertanian Karawang," tandasnya.


• Abdul Rojak