= Musim Kemarau, Dinas Pertanian Bersama Bulog Karawang Nyatakan Stok Beras Aman Hingga Akhir Tahun - Nuansa Metro

Musim Kemarau, Dinas Pertanian Bersama Bulog Karawang Nyatakan Stok Beras Aman Hingga Akhir Tahun



Foto : Kadis Pertanian dan Bidang Pangan saat berkunjung ke Kantor Perum Bulog Sub Divre Karawang

Nuansa Metro - Karawang
Kepala Dinas Pertanian Karawang Asep Azhar dan Bidang Pangan kunjungi Kantor Bulog Karawang bertujuan untuk membahas terkait kestabilan stok beras yang ada di Kabupaten Karawang sepanjang musim kemarau yang melanda akhir-akhir ini, pada Rabu (6/9/2023).

Kepala Perum Bulog Sub Divisi Regional (Divre) Karawang Yuliani Alzam menyebutkan, bahwa musim kemarau tidak mempengaruhi stok beras di wilayah Karawang, karena ketersediaan komoditas tersebut cukup hingga akhir tahun 2023.

"Adapun hasil pertemuan bersama Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, stok beras di Bulog Karawang aman, harga gabah dengan harga beras tidak wajar yang mencapai 8.000 per Kg dikompresi kan harga beras kisaran 13.000 per kilogram untuk beras premium," Ungkap Yuliani.

“Kami berharap masyarakat tidak perlu khawatir, karena dipastikan ketersediaan beras aman selama memenuhi musim kemarau panjang itu. Bulog dari bulan Januari sampai Agustus sudah terserap 8.500 ribu ton dengan target akhir tahun 15.000 ton,”sambungnya.

Adapun guna menstabilkan harga, kata Yuliani, Bulog mengadakan pasar murah di pasar tradisional dan acara pangan murah Paten di tiap kecamatan, yang sudah terserap 3.000 ton per hari ini. Saat ini harga beras premium di pasar mencapai Rp 13.000 medium Rp 12.400 harusnya HET Rp 10.900.

“Jadi masyarakat juga tidak perlu panic buying, karena dengan ketersediaan stok besar yang kita miliki dipastikan aman. Masyarakat juga jika nanti membutuhkan bisa langsung mendatangi kantor-kantor Bulog terdekat,” Pungkasnya.



•  Abdul R