= Sajikan Kenyamanan dan Kepuasan Para Pengunjung, Desa Wisata Baros Masuk 75 Besar ADWI - Nuansa Metro

Sajikan Kenyamanan dan Kepuasan Para Pengunjung, Desa Wisata Baros Masuk 75 Besar ADWI



Foto : Kades Baros Anton (sebelah kanan)

Nuansa Metro - Kabupaten Bandung 
Momentum kebangkitan pariwisata di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023, menjadikan geliat baru di pedesaan  dan sebuah kebanggaan bagi para pengelola Desa Wisata yang masuk dalam daftar ADWI 2023. Begitupun dengan Desa Baros Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung yamg masuk katagori ADWI 2023.  

Menyuguhkan tatanan alam yang masih murni menggaet para wisatawan untuk bisa menikmati pemandangan alam pegunungan yang masih bersih.  

Juga seni budaya yang mendukung menjadikan Desa Baros dengan Wisata alamnya masuk dalam katagori 75 besar dengan katagori penilaian Daya Tarik Pengunjung (Keunikan dan Keaslian Alam dan Buatan - Seni dan Budaya), Suvenir (Kuliner - Fesyen - Kriya), Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE. 

"Kami para pengelola wisata desa Baros akan terus berjuang agar desa wisata Baros bisa lolos ke 10 besar," ucap Aep ketua bumdes Desa Baros di dampingi para pengurus bumdes lainnya. 

"Kami semua bersama karang taruna, dan kelembagaan lainnya di Desa Baros bekerja sama dalam membangkitkan perekonomian masyarakat desa. Dengan hadirnya wisata Baros di harapkan adanya masukan Pades untuk desa dan  membangkitkan perekonomian warga desa ,"  Ucap Engkus salah satu pengelola wisata Baros menambahkan. 

Di tempat terpisah Sekjen Forum Bumdes Jawa Barat Dimas insany menyikapi keberhasilan Desa baros mengatakan, dari 7. 275 desa wisata di indonesia, 4.573 ikut ADWI dari penjaringan 500 sampai ke 300 dan kini ke 75.

"Kami sangat bangga desa Wisata Baros masuk dalam katagori ADWi  dan kebanggan kami bertambah karena BUMDesa nya ikut terlibat pula dalam pengelolaannya. Jadi sinergitas antar kelembagaan di desa tersebut patut di acungi jempol," Papar Dimas. 

Sesuai Visi dan Misi ADWI  
Mewujudkan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global dan Berkelanjutan dan Menciptakan Kesadaran Pariwisata dari Berbagai Pelaku Usaha dan Industri Pariwisata Ekonomi Kreatif.

Menggaungkan Indonesia lebih mendunia melalui pariwisata dan ekonomi kreatif. Membuka ruang untuk berkarya, memastikan 4,4 juta lapangan kerja tercipta, dan masih terus percaya bangkitnya ekonomi dimulai dari Desa.

"Dan hal itu mudah - mudahan bukan hanya teori saja tapi bisa langsung di praktekan oleh para pengelola desa wisata yang ada di kabupaten Bandung," harap Dimas.

"Teori tanpa aksi hanya akan menjadi halusinasi semata," Imbuhnya. 


• Dispi / AR