= Dandim 0624/Kab.Bandung Resmikan TMMD Manunggal Tahun 2023 - Nuansa Metro

Dandim 0624/Kab.Bandung Resmikan TMMD Manunggal Tahun 2023



Nuansa Metro - Kabupaten Bandung.
Bertempat di Aula kantor Desa Rawabogo Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung, pada Selasa (13/6/2023)  Dandim 0624 Kabupaten Bandung Letkol Inf Hamzah Budi Susanto, S.E, M.IP, meresmikan TMMD Manunggal tahun 2023.

Menurut Dandim dalam sambutannya mengatakan, hal ini berdasarkan Surat Mendagri RI no 140/174/SI tanggal 16 Januari 2021 tentang penambahan program TMMD dari 2 kali menjadi 3 kali dalam setahun, juga Surat Telegram Pangdam III/Siliwangi serta Surat Telegram Danrem 062/TN. Tentang pelaksanaan TMMD.

Dandim juga menambahkan, dengan akses jalan yang sudah baik akan mendorong hasil bumi dengan cepat sampai di tujuan.

"Tetapi dalam masa perang, akses tersebut bisa digunakan untuk pendaratan pesawat terbang, maka TMMD ini tetap harus kita galakan untuk persiapan segala kemungkinan terjelek," ujar Dandim.

Selain itu TMMD juga untuk meningkatkan sinergitas semua komponen bangsa, sehingga kehadiran pemerintah pusat dan daerah di Desa terpencil dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Saya juga melaporkan kepada Bupati bahwa sasaran fisik kegiatan TMMD ini sesuai dengan sumber anggaran APBD Kabupaten Bandung sebesar 500 juta, yang direalisasikan untuk pembangunan jalan rabat beton sepanjang 708 meter dan lebar lebar 3 meter, selanjutnya 2 Titik Tembok Penahan Tanah (TPT),"  ungkapnya.

Dalam pelaksanaan TMMD Imbangan Kodim 0624/Kab Bandung, sebelum pembukaan dilaksanakan Pra TMMD Imbangan selama dua Minggu yang telah dilaksanakan pengecoran jalan (rabat beton) sudah terlaksana 250 M dari target 708 M dan lebar  3 M ,serta Tembok Penahan Tebing (TPT) dua titik masing masing panjang 90 M dan tinggi 2,5 M serta panjang 22 M dan tinggi 2,2 M.

Di tempat yang sama dalam sambutannya Bupati Bandung   H.M. Dadang Supriatna menjelaskan bahwa TMMD ini merupakan program TNI untuk menggerak kan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dengan mengutamakan pembangunan infrastruktur.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan pentingnya kemanunggalan TNI dan rakyat, memupuk jiwa gotong royong dan kebersamaan menjadi lebih kuat dan di harapkan menjadi budaya kehidupan di Desa.

"Kemanunggalan TNI dan rakyat ini merupakan syarat mutlak bagi terwujudnya ketahanan bangsa dan negara serta dapat pula di jadikan suatu wahana silaturahim dengan semangat sinergi dan kolaborasi dalam tatanan kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara" ungkap Bupati.

Dalam kegiatan peresmian ini  hadir  Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo, SIK, SH, Wakil Ketua DPRD H.Hen Hen, Danramil Ciwidey sebagai Dan SSK TMMD, Ketua PKK Kab Bandung, HJ.Ema Dety Permanawsti, S.PD, MM Kadis PMD  H. Tata Irawan Sobandi, 
Kadishub.

Kemudian Danlanud Sulaiman di wakili Kadispotdirga Lanud Sulaiman Mayor.Lek Hendra Setyawan, Kajar di wakili Kadi Intel Bapak Mumuh SH,MH, Kepala Pengadilan Negeri yg mewakili, Para Asisten, Kaban, Kadis, Forkopimcam, Kades Rawabogo BPK.Cecep N.A.Prawira, Tomas, Toga,,Toda, Para perwira, Bintara dan Tamtama serta segenap Pegawai Negeri Sipil Kodim 0624/Kab Bandung. 


Reporter :  AR/Dispi