= Diduga Korban Pemberitaan Yang Tidak Berimbang, Sudin : "Saya Dibilang Penipu, Emangnya Saya Nipu Siapa?" - Nuansa Metro

Diduga Korban Pemberitaan Yang Tidak Berimbang, Sudin : "Saya Dibilang Penipu, Emangnya Saya Nipu Siapa?"



Foto : Sudin ketika memperlihatkan surat tugasnya 

www.nuansametro.co id - Karawang
Sudin Sponsor PJTKI yang beralamat di Desa Cikalong, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang menyayangkan atas pemberitaan salah satu media online yang beralamat kantor Kecamatan Banyusari, dimana berita tersebut dibuat langsung oleh pimpinan redaksinya inisial ASP beberapa pekan lalu.

Pasalnya menurut Sudin, dalam pemberitaan tersebut ASP terkesan tendensius menyebut dirinya sebagai Sponsor atau penyalur jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) Gadungan, tanpa ada klarifikasi terlebih dahulu. Bahkan selain itu menyebut dirinya sebagai penipu.

"Gadungan apanya. Saya dalam menjalankan tugas sebagai PJTKI dilengkapi surat tugas dari PT. Terus yang dibilang penipu, saya nipu siapa," ungkap Sudin, Rabu (15/3/2023) dirumahnya.

Dijelaskan Sudin, pernah dirinya menerima PMI yang hendak kerja ke Polandia dan Jepang dari Sponsor bernama Udin. Lalu, PMI tersebut diikutsertakan pada pelatihan di Indramayu.

"Sampai bisa bahasa Jepang dan dinyatakan lulus. PMI nya malah mengundurkan diri. Dalam surat perjanjian awal bila mengundurkan diri, biaya yang telah dikeluarkan PMI tidak bisa dikembalikan," jelas Sudin.

Setelah itu lanjut Sudin, tidak ada masalah, bahkan orang tua PMI berterimakasih anaknya sampai bisa bahasa Jepang.

"Sekalipun tidak jadi pergi ke Jepang. Anak itu sekarang bekerja di perusahaan swasta (Pabrik), entah sebagai manajer atau personalia, karena bisa bahasa Jepang. Itu kata orang tuanya," sambung Sudin.

Ada juga PMI bawaan sponsor Udin yang dititipkan kepada nya, dan tidak bisa terbang.

"Itupun biayanya sudah dikembalikan. Bila totalnya 20 juta itu yang dimaksud. Mungkin sponsor Udin belum mengembalikan,"  tegas Sudin.

Ketika dikonfirmasi, Udin menjelaskan, bahwa soal PMI yang dimaksud pak Asep, tidak ada masalah. Bahkan perihal biayanya pun sudah dikembalikan.

"Tidak ada masalah, sudah dikembalikan kok,"  jelas Udin.

•  Asep Kurniawan