= Akibat Rusaknya Infrastruktur Pertanian, Petani Dua Desa Ontrog Gedung DPRD Dan Bupati Karawang - Nuansa Metro

Akibat Rusaknya Infrastruktur Pertanian, Petani Dua Desa Ontrog Gedung DPRD Dan Bupati Karawang

 

www.nuansametro.co,id - Karawang
Sejumlah petani di Kabupaten Karawang menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD. Mereka mendesak agar pihak terkait memperbaiki saluran air sekunder yang mengairi sawah di 2 Desa yang ada di kawasan Kecamatan Rawamerta ya itu Desa Pasirawi dan Desa Pasirkaliki

Pantauan jurnalis nuansa metro di lokasi, dalam orasinya, Deden Sofian perwakilan dari petani menyampaikan bahwa kebutuhan air bagi para petani merupakan satu hal yang vital.

"Para petani memiliki harapan besar terhadap saluran air. Kami yakin, jika saluran airnya tidak segera diperbaiki maka dikhawatirkan para petani akan gagal panen," katanya, usai aksi di depan Gedung DPRD Karawang, Selasa (24/01/2023).

"Tiap kali memasuki musim tanam, aktivitas pertanian jadi terganggu. Puncaknya hari ini, petani kerepotan jelang musim tanam karena saluran tidak kunjung diperbaiki," sambung Deden.

Diwaktu yang sama, Suhendi salah seorang petani di Desa Pasirawi juga menyampaikan, bahwa saat musim tanam petani kerap kesulitan untuk mendapatkan air.

"Hampir 3 hektar sawah tidak kerambet akibat kering, ya saya mah nyedot itu juga susah nyedotnya karena airnya tidak sampai dan mau nyedot dimana," ujarnya

Kemudian, unjuk rasa petani berlanjut ke Gedung Bupati Karawang, 10 Orang perwakilan dari para petani itu diterima dan bermusyarawah dengan Hanafi Chaniago Asda II Kabupaten Karawang, Edi Suryana Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Rambudi Kasie SDA Dinas PUPR Kabupaten Karawang. 

Adapun hasil dari kesepakatan dari musyawarah mereka bersama-sama langsung meninjau ke lokasi saluran air tersebut.

Saat tiba di lokasi, Ketua Komisi IV DPRD Karawang, H. Asep Syaripudin, mendampingi para petani dari dua desa tersebut, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Karawang harus segera memperbaiki saluran air tersebut dan dikhawatirkan para petani gagal panen.

"Ya kalau bisa secepatnya disegerakan perbaikannya, apalagi yang ditengah-tengah itu sering kesusahan untuk mendapatkan air, jadi kami berharap pemerintah kabupaten Karawang segera melakukan perbaikan saluran airnya dan kami juga khawatir jika tidak segera di perbaiki akan mengakibatkan gagal panen,"  tegas Asep Ibe.


• Abdul R