= Gali Potensi Daerah, Bumdes Se-Jatigede Lakukan Kunjungan di Wisata Taman Langit - Nuansa Metro

Gali Potensi Daerah, Bumdes Se-Jatigede Lakukan Kunjungan di Wisata Taman Langit



www.nuansametro co.id - Bandung
Terkadang, potensi suatu daerah akan tergali setelah mendapat ide dari hasil pengamatan dari daerah lain.

Hal inilah yang melatarbelakangi para pengurus Bumdes se Kecamatan Jatigede saat melakukan kunjungan kerja di wisata Taman Langit Kecamatan Pangalengan.

Rombongan yang terdiri dari para Kepala Desa, Camat, Ketua Bumdes yang langsung didampingi  Kepala Bidang Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sumedang pada hari selasa (30 September 2022), menyatakan kekagumannya akan wisata Taman Langit. 

Ketua Forum Bumdes Kabupaten Sumedang, Ika Wartika kepada nuansametro.co.id menerangkan, sebenarnya destinasi wisata di Jawa Barat itu lebih variatif karena geografisnya lebih unggul dari wilayah propinsi lain.

"Ini tergantung dari penggalian potensi saja, maka kami dari sumedang mencoba menggali potensi wisata di wilayah kami dengan cara banyak berkunjung ke daerah lain guna mengambil perbandingan dari sisi positifnya"  ujar Ika.

Di akhir sesi kunjungan Kepala Bidang Pepkdes Iwan Hermawan , SE, MM menyebutkan, dari hasil kunjungan ini banyak hal yang menjadi inspirasi, termasuk pengelolaan air bersih yang cara pengelolaan nya melibatkan pihak kampus, dan beliau berjanji akan menindaklanjuti hasil kunjungan ini semaksimal dan secepat mungkin. 

"Apa yang kami dapat di kunjungan kerja ini akan kami tindak lanjuti, yang paling menarik adalah tentang keterlibatan kampus dalam memajukan perekonomian desa dengan penggalian potensi, ini merupakan pencerahan baru bagi para pengurus bumdes dan para kepala desa,"  ujarnya.

Kunjungan kerja dari Kecamatan Jatigede di Bumdes Bersatu  Desa Pangalengan di akhiri dengan meninjau pembangunan pasar wisata Desa Pangalengan yang akan menjadi pasar wisata milik Desa Pangalengan.

•  Dispi/AR