= DPD KNPI Karawang Bersama BNR Gelar Festival Burung Berkicau - Nuansa Metro

DPD KNPI Karawang Bersama BNR Gelar Festival Burung Berkicau



www.nuansametro.co.id - Karawang
Masih dalam kemeriahan peringatan HUT Kabupaten Karawang ke 389 tahun, DPD KNPI Karawang menggelar festival dan lomba burung berkicau memperebutkan piala Bupati Karawang, bertempat di halaman gedung DPRD Karawang, Minggu (28/9/2022).

Puluhan pecinta burung berkicau dari Karawang maupun luar daerah, antusias membawa burung andalannya untuk mengikuti festival burung berkicau.

"Ya, ini memang sengaja. Hari ini kita sedang menggelar lomba. Dan lomba ini digelar masih dalam rangkaian peringatan HUT Karawang ke 389,"  ujar Ketua KNPI Karawang, Guntar Mahardika, yang juga merupakan penyelenggara kegiatan.

Dikatakan Guntar, lomba tersebut digelar atas kerjasama KNPI Karawang dengan BNR Karawang. Diikuti oleh 300an peserta, dengan jumlah burung sebanyak 1000an, berbagai jenis.

"Yang menarik, pesertanya bukan hanya pecinta burung dari Karawang, tapi banyak juga yang datang dari luar Karawang, seperti, Indramayu, Majalengka, Bandung, Subang, Purwakarta, bahkan Tasikmalaya dan Banten," lanjut Guntar.

Dalam lomba ini, jelas Guntar, ada jenis burung yang tengah favorit saat ini diperlombakan, yakni Murai Batu. "Untuk nomor ini, tiketnya satu juta, dan ini merupakan jenis burung yang sedang favorit saat ini.

Disinggung soal juri, Guntar memaparkan, para juri terdiri dari gabungan antara juri dari Karawang dengan luar Karawang.

 "Karena ini perlombaan diikuti oleh peserta dari luar Karawang, maka untuk dewan juri kita kolaborasi, 50 persen dari Karawang dan 50 persen dari luar Karawang," jelas Guntar.

Guntar menjamin, lomba ini berjalan fair, tanpa ada permainan. 

"Saya sendiri tadi yang membreafing para dewan juri, dan saya mewanti-wanti untuk menghindari permainan, dan bertindak fair," kata Guntar.

• Irfan