= Aksi Demo Sopir Angkot Mendapat Pengamanan 225 Personel Dari Polres Purwakarta - Nuansa Metro

Aksi Demo Sopir Angkot Mendapat Pengamanan 225 Personel Dari Polres Purwakarta



www.nuansametro.co.id - Purwakarta 
Untuk mengawal aksi demo angkutan kota (angkot) di Kabupaten Purwakarta, pada Senin, (5/9/2022), Polres Purwakarta siagakan 225 personel. 

Mereka diterjunkan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kekacauan atau kekisruhan saat demo berlangsung.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kabag Ops, Kompol Dadang Garnadi menjelaskan para personil akan ditempatkan di sekitar lokasi aksi dan SPBU di Kabupaten Purwakarta. 

Sementara, lanjut dia, personil dari Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas), ditugaskan mengatur jalur- jalur sekitar lokasi aksi agar tidak mengalami kemacetan.

“Kami selalu siap melakukan pengamanan untuk antisipasi terburuk. Bisa saja skenario buruk terjadi, hal itu juga sudah kami maping. Dengan 225 personil itu kami yakin aksi akan berjalan damai dan terkendali,” ujar Kompol Dadang, Senin, (5/9/2022).

Dadang mengungkapkan, pihaknya sudah mengimbau koordinator aksi untuk melaksanakan aksi dengan tertib. Polisi juga akan memberikan pengawalan terhadap angkutan yang memilih tetap beroperasi.

Ia menekankan, bahwa pengamanan aksi unjuk rasa atau penyampaian pendapat dimuka umum merupakan salah satu pelayanan Polri terhadap masyarakat yang dilaksanakan secara humanis, namun tetap tegas agar tidak mengganggu kepentingan masyarakat lainnya serta ketertiban umum.

Untuk itu, sambung dia, seluruh personel pengamanan selalu melaksanakan tugas sesuai SOP, Humanis, kedepankan komunikasi namun harus tegas apabila kegiatan unras sudah mengganggu ketertiban umum salah satunya sampai menutup akses jalan raya.

"Sesuai arahan Pak Kapolres Purwakarta, yang kita amankan dalam aksi unjuk rasa atau penyampaian aspirasi adalah fasilitas negara, umum, para peserta aksi unjuk rasa yang hadir maupun masyarakat lainnya yang beraktifitas. Laksanakan tugas sesuai SOP, humanis namun harus tegas apabila aksi tersebut sudah mengganggu ketertiban umum," ungkap Dadang. 

Dadang juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada peserta unjuk rasa karena aksi unras dilakukan dengan tertib dan aman.

"Kami ucapkan terimakasih kepada para sopir angkot yang sudah melakukan aksi secara damai aman ada kondusif. Terimakasih juga saya ucapkan untuk para personel yang terlibat pengamanan aksi ini, niatkan pelaksanaan tugas untuk ibadah tujuannya untuk kepentingan masyarakat dan ketertiban umum," pungkasnya.

• Dedi T.M