= Kartu PKH Dan BPNT Dikeluhkan Para KPM di Desa Srikamulyan - Nuansa Metro

Kartu PKH Dan BPNT Dikeluhkan Para KPM di Desa Srikamulyan


Foto : Keluarga Penerima Manfaat

www.nuansametro.co.id - Karawang 
Warga Dusun Kedung Asem Desa Srikamulyan Kecamatan Tirtajaya, akhir -akhir ini mengeluhkan terkait  dengan bantuan terhadap KPM (keluarga penerima manfaat), pasalnya bantuan dari pemerintah tersebut sejak adanya kartu BPNT dan PKH, awalnya dari Bank BNI yang di imigrasikan ke Bank BTN.

Namun, hingga kini permasalahan bantuan tersebut yang memiliki kartu setelah di cek saldo di Bank BTN, ternyata nilai bantuan masih nol saldonya. 

Menurut Sadi Kadus Kedung Asem Desa Srikamulyan Kecamatan Tirtajaya pada saat dikonfirmasi jurnalis nuansa.co.id, Kamis (11/08/22) mengatakan, keluhan pengaduan dari masyarakat yang mendapatkan bantuan dari pemerintah program PKH (program keluarga harapan) dan  BPNT (bantuan pangan non tunai) yang diterima oleh KPM di nilai masih banyak kendala.

Hal itu terungkap setelah adanya informasi yang diterima KPM perihal adanya pencairan kartu ATM. Namun, setelah ATM tersebut di cek atau di gesek di E warung, ada sebagian saldonya, bahkan ada juga yang sama sekali sejak menerima Kartu PKH dan BPNT belum mendapatkan bantuan, di ATM nya masih nol. 

Lanjut Sadi, beberapa kendala dan keluhan termasuk pengaduan dari para KPM, pihak pemdes terus menyampaikan kepada pihak terkait, terutama yang diberikan tugas oleh Dinsos yaitu PSM untuk perbaikan data.

"Ketika sudah ada upaya perbaikan yang semaksimal mungkin, akhirnya tetap masih seperti itu. Para KPM yang sementara ini memiliki dan memegang kartu tersebut seperti diberikan harapan palsu,"  ujar Sadi.

Sementara itu Suhenda PSM Desa  Srikamulyan menambahkan pihaknya sering menerima pengaduan dari para KPM. 

"Permasalahan dan keluhan telah disampaikan ke pihak terkait dan persoalan ini bukan di Desa kami saja, melainkan di semua desa hampir sama. Pihak PSM sudah berupaya maksimal, namun hasilnya tetap sama, barang kali  dilakukan perbaikan data yang pada akhirnya pihak PSM merasa  kebingungan belum ada perubahan, tetap banyak kartu yang belum terisi saldonya,"  ungkap Suhenda.

Menurutnya, dari data KPM yang mendapatkan kartu PKH dan BPNT di Desa Srikamulyan sebanyak 833 KPM, yang kartunya aktif mendapatkan bantuan berkisar 626 KPM dan sisanya belum mendapatkan bantuan karena kartunya setelah di cek masih kosong. 

• Epeng / Ito