= SDIT Siti Hajar Peringati Lahirnya Pancasila, Dengan Bersih-Bersih Sungai Babura Medan - Nuansa Metro

SDIT Siti Hajar Peringati Lahirnya Pancasila, Dengan Bersih-Bersih Sungai Babura Medan


www.nuansametro.co.id - Medan
Sekolah Dasar Islam Terpadu Siti Hajar memperingati hari lahirnya Pancasila dengan aksi bersih- bersih Sungai Babura dari Taman Beringin menuju Kampung Sejahtera, Jalan KH Zainul Arifin, Kota Medan. 

Seluruh siswa yang ikut membersihkan sungai tentunya dengan didampingi para orang tuanya.
 
Pantauan www.nuansametro.co.id. Rabu (1/6/2022), acara mulai berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB. Terlihat puluhan siswa siswi tampak antusias untuk mengikuti acara tersebut.
 
Kepala Sekolah SD Siti Hajar, Rahmad Martuah menjelaskan, selain menyambut hari lahirnya Pancasila, aksi tersebut juga guna menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni ke depan.
 
"Jadi hari ini kita melakukan Larung atau menjajaki Sungai Babura dari Taman Beringin ke Kampung Sejahtera. Ada 300 Eko Enzyme dan menebar benih 2.500 ikan Lele dan Nila,"  kata Rahmad.
 
"Selain itu kami akan melakukan aksi bersih kutip sampah di Sungai Babura. Hal ini dilakukan untuk mengedukasi siswa dan siswi agar sadar lingkungan," tambahnya.
 
Dia menjelaskan, bahwa salah satu nilai yang termuat di dalam Pancasila bicara perihal kepedulian lingkungan. Oleh karena itu, aksi tersebut berguna untuk memberikan edukasi agar siswa siswi peduli dan bertanggungjawab atas lingkungan.
 
Tampak siswa siswi dan beberapa orangtua mengikuti rangkaian acara tersebut. Ada pun sebagian kelompok ikut mengitari sungai menggunakan perahu Arung Jeram.
 
Terlihat siswa siswi memegang sebotol aqua besar yang mengandung Eko Enzyme dan dilarutkan ke Sungai Babura. Selain itu sampah yang ada di pinggiran sungai dipungut dan dimasukkan ke dalam plastik.
 
Sementara itu, kelompok lainnya berjalan kaki dari Taman Beringin ke Kampung Sejahtera. Siswa siswi dan beberapa orangtua mengambil sampah di pinggir jalan.
 
Di sesi acara, berlangsung beberapa games yang berfungsi untuk merekatkan hubungan antara guru dan murid serta orangtua siswa lainnya.

• Romson Nainggolan