= Tak Tersentuh Tangan Kreatif, Destinasi Wisata Bahari Tanjung Baru Cilamaya, Kini Kondisinya Memprihatinkan - Nuansa Metro

Tak Tersentuh Tangan Kreatif, Destinasi Wisata Bahari Tanjung Baru Cilamaya, Kini Kondisinya Memprihatinkan


Foto : Tempat wisata pantai Tanjung Baru sepi pengunjung, Minggu (8/5/2022)

www.nuansametro.co.id - Karawang
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno, saat kunjungan ke Pandeglang beberapa waktu lalu dalam rangka program pengembangan Kabupaten Kota kreatif, melalui workshop dan pendampingan untuk meningkatkan Inovasi dan Kewirausahaan pelaku ekraf di Indonesia, 

Sandiaga sempat mengatakan, pengembangan pariwisata akan menjadi modal dasar untuk pengembangan ekonomi kreatif di daerah.

“Mari kita wujudkan indonesia menjadi destinasi wisata berkelas dunia. Ekonomi kreatif akan tumbuh seiring perkembangan pariwisata,”ucapnya saat itu.

Namun, sepertinya di kabupaten Karawang hal itu sangat jauh dari harapan. Dikarenakan, akses infrastruktur yang menuju destinasi wisata Bahari pun seperti luput dari perhatian pihak terkait, padahal untuk meningkatkan perekonomian bagi warga sekitar tempat wisata seharusnya mendapatkan perhatian khusus.

Seperti akses infrastruktur jalan menuju tempat wisata Bahari Tanjung Baru Desa Pasir Jaya Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang. Diduga sudah hampir 20 tahun lamanya belum tersentuh oleh pihak Dinas terkait.

Foto : Infrastruktur jalan menuju tempat wisata Bahari Tanjung Baru Cilamaya yang memprihatinkan.

Pantauan Media Nuansa Metro Minggu (8/5/2022), awal memasuki infrastruktur jalan menuju pantai Tanjung Baru dari Kantor Desa Pasir Jaya, sudah terlihat kerusakan jalan yang menuju lokasi tempat wisata Bahari Tanjung Baru. 

Sepanjang jalan terlihat kerusakan amat memprihatinkan, terlihat jalan tanah tanpa adanya aspal maupun beton. Mungkin bila hujan turun, jalan tersebut akan penuh dengan kubangan air dan lumpur yang tentunya akan terasa licin.

Memasuki lokasi wisata pantai Tanjung Baru, terlihat jelas betapa kumuh dan banyak sekali bangunan rumah makan dan warung-warung terbuat dari bahan bambu pun yang terbengkalai, serta banyaknya sampah dan puing-puing material bangunan berserakan dimana-mana.

"Sudah hampir 20 tahun lamanya, di tempat wisata Tanjung Baru Cilamaya ini seperti tidak mendapatkan perhatian dari pihak terkait. Infrastruktur jalan pun seolah dibiarkan rusak"  ucap Ali warga setempat mengawali pembicaraan dengan jurnalis Nuansa Metro, Minggu (8/5/2022).

Menurutnya, dia merasa prihatin dengan kondisi tempat wisata Tanjung Baru yang dulu sewaktu Bupati Achmad Dadang, menjadi kebanggaan warga Karawang karena benar-benar mendapat perhatian yang serius. 

"Sehingga dampak dari perhatian Pemkab Karawang saat itu, berdampak kepada perekonomian warga disini. Warga dapat menjalankan usaha dagangnya di lokasi ini. Bahkan para anak-anak mudanya pun mendapatkan penghasilan"  ungkap Ali.

Bahkan, kata dia, pengunjung ke tempat wisata pantai Tanjung Baru pun, dari tahun ke tahun semakin terus berkurang

Ali mengungkapkan, apabila pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Karawang setelah Bupati Achmad Dadang lengser, serius dan melanjutkan pemeliharaan terhadap tempat wisata Bahari Tanjung Baru, mungkin nasib Pantai Tanjung Baru Cilamaya tidak akan seperti ini.

Ali berharap, Bupati Karawang kedepannya, agar dapat memperhatikan dunia pariwisata di kabupaten Karawang. Terutama destinasi wisata Bahari di wilayah Utara Kota Karawang.

Ditempat yang sama, wisatawan Pantai Tanjung Baru Cilamaya, bernama Wawan (50) asal Purwakarta, saat diwawancarai oleh media ini, mengungkapkan rasa keprihatinan nya melihat kondisi pantai Tanjung Baru Cilamaya yang terlihat kumuh dan tidak tertata rapi. 

"Waktu tahun 2003 kami bersama keluarga sempat datang kesini, karena waktu itu saya pernah beli kaset VCD Tanjung Baru Cilamaya. Sungguh indah dan bagus banget, bahkan kalau tidak salah, dulu ada tempat trek motor trail. Namun sekarang saya kesini lagi sudah tidak terurus, jalannya pun rusak"  terang Wawan.

Wawan menuturkan, bahwa pengunjung tempat wisata Tanjung Baru terlihat sepi pengunjung. 

Foto : Terlihat sepi pengunjung tempat wisata pantai Tanjung Baru.

"Saya datang dari pagi jam 9 sudah disini. Mungkin orang yang mau berlibur ketempat ini berpikir dua kali. Karena infrastruktur jalan yang menuju ke lokasi pun sangat memprihatikan. Apalgi kalau hujan turun, pasti licin karena jalannya masih tanah tidak beraspal dan berbeton"  tuturnya.

• Oya/ Jhon