= NU-Care Lazisnu Karawang dan CSG Peduli, Jalankan Program Peduli Bumi - Peduli Manusia Dengan Gerakan Penanaman 100 Juta Pohon - Nuansa Metro

NU-Care Lazisnu Karawang dan CSG Peduli, Jalankan Program Peduli Bumi - Peduli Manusia Dengan Gerakan Penanaman 100 Juta Pohon


www nuansametro.co.id - Karawang
NU-Care Lazisnu Karawang bekerjasama dengan (Citra Swarna Group) CSG Peduli, dalam menyongsong 100 Tahun Nahdhatul Ulama. Juga menggalang penghijauan dengan Gerakan penanaman 100 juta Pohon. 

Kegiatan yang di beri Slogan "Bumikan Lumbung Shodaqoh Bumi" di Perumahan Citra Swarna Grande Desa Pancawati kecamatan Klari dilaksanakan pada Jumat (13/5/2022) lalu, juga dengan memberi 150 pohon jenis Sengon Solomon untuk reboisasi area RTH (Ruang Terbuka Hijau), bertujuan untuk menjalankan Program Peduli Bumi Peduli Manusia.

"Program Penanaman Pohon ini bukan sekedar penanaman saja, namun ini program berkesinambungan dimana pohon yang ditanam diharapkan dijaga dan dilestarikan, dan akan diperhatikan hingga menjadi manfaat dalam waktu 5 sampai 7 tahun yang akan datang" Ucap Pramono salah satu Pihak Management Citra Swarna Group.

Pada kegiatan tersebut, turut hadir Kepala Desa Pancawati Enjuh Juhana, SH, dalam sambutannya mengungkapkan rasa antusiasnya. Pihaknya juga sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, juga diharapkan program ini bisa terus berkelanjutan dan berkesinambungan, agar manfaat dari penanaman pohon ini bisa menanggulangi Krisis pemanasan Global kedepannya.

Kegiatan penanaman 100 juta pohon ini sudah dimulai sejak tanggal 8 April 2022 lalu di Perumahan Kartika Residence, dengan menanam 100 pohon sengon di setiap Ruang Terbuka Hijau (RTH). 

"Harapannya pohon yang sekarang ditanam bisa dirawat dan di maintenance setiap hari, agar pohonnya bisa tumbuh. Sehingga bisa bermanfaat bagi ummat" sambung Pramono. 

Selain pohon ini bisa bermanfaat setelah tumbuh besar, pohon sengon solomon juga dikenal sebagai pohon yang mampu mengikat nitrogen. 

Sehingga banyak yang merekomendasikan pohon ini sebagai bagian dari program reboisasi (penghijauan).

Dalam sambutannya Rois MWC NU Klari KH. Ujang Juhyar, menyampaikan, bahwasannya menanam pohon adalah merupakan kebaikan yang bisa bermanfaat secara terus menerus bagi ummat manusia. 

"Sejatinya pohon-pohon banyak menebarkan manfaat sangat berlimpah bagi ummat manusia. Insyaa Allah menjadi Amal Jariyah." Imbuh Ketua Rois MWC NU Klari ini.

Kegiatan ini dipelopori oleh CSG Peduli bekerjasama dengan Lazisnu, sebagai bentuk kepedulian perusahaan Citra Swarna Group terhadap Lingkungan dan wilayah tempat pengembangan usahanya. 

Dalam kesempatan ini Ketua PLT NU-Care LAZISNU Karawang Ust. Saadim mengemukakan, pihaknya juga membuka peluang kepada pihak-pihak yang memerlukan untuk dilakukan penghijauan melalui program Lazisnu.

"Silahkan untuk dapat menghubungi kami melalui kantor PC NU / NU-Care LAZISNU kabupaten Karawang". Ucapnya. 

Menurutnya, pemanasan Global yang melanda berbagai daerah akhir-akhir ini mulai dirasakan dampaknya. Kota Karawang salah satu kota sentra Bisnis dan Industri, tentunya tidak mengingkari dampak dari pemanasan Global. 

Bukan saja karena terkenal dengan kota lumbung padi, kota Karawang juga yang berubah menjadi Kota Industri terbesar se-Asia Tenggara bisa menjadi bagian yang akan terdampak dari Krisis Pemanasan Global. 

"Ditambah dengan maraknya pembangunan perumahan-Perumahan di setiap sudut kota Karawang, tentunya menjadi PR besar bagi pemerintah Karawang dalam menjaga dan memperhatikan kelestarian Hutan, pertanian serta Ruang terbuka hijau di kabupaten Karawang",  tutur Ust. Saadim.

CSG Peduli (Citra Swarna Group) sangat mengapresiasi PC NU-Care LAZISNU dalam program reboisasi ini. Menjadi target prioritas NU-Care Lazisnu untuk membangun kepedulian masyarakat pada Lingkungan yang perlu dijaga dengan memperhatikan aspek penghijauan lingkungan. Yang mana pemanasan Global tentunya akan menjadi PR semua pihak dalam penanggulangannya. 

"Salah satu jariyah yang pahalanya akan terus mengalir adalah dengan melakukan penanaman Pohon. Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian Pohon untuk manfaat yang lebih baik bagi generasi penerus kita" Sambung KH. Ujang Juhyar seraya menutupnya dengan Doa bersama.

• Li-Hoe