= Kesbangpol Provinsi Jabar, Menggelar Rakor Forum Koordinasi Umat Beragama (FKUB) - Nuansa Metro

Kesbangpol Provinsi Jabar, Menggelar Rakor Forum Koordinasi Umat Beragama (FKUB)


Foto : Acara rapat koordinasi Forum Koordinasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 23-24 November tahun 2021 di Shunsine Hotel Soreang, Rabu (24/11/2021).

www.nuansametro.co.id - Soreang
Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan rapat koordinasi Forum Koordinasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 23-24 November tahun 2021 di Shunsine Hotel Soreang, Rabu (24/11/2021).

Seperti diketahui, bahwa Forum Umat Beragama (FKUB) merupakan salah satu dari Forum Mandatori sekaligus Mitra Strategis dari Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat.

Bahwa saat ini Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat, bekerjasama dan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri, dan FKUB dalam rangka  Upaya Pencegahan Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme di Provinsi Jawa Barat.

Upaya menumbuh kembangkan sikap toleransi, mencegah radikalisme dan terorisme saat ini merupakan program prioritas dari Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat melalui  kerjasama strategis dengan beberapa seperti BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme), BIN, BPIP serta terus terus melakukan sosialisasi melalui Kesbangpol Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat.

Dalam rangka upaya menumbuhkan sikap toleransi, mencegah radikalisme, dan terorisme di Provinsi Jawa Barat, Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat akan menyelenggarakan pemilihan Duta Bela Negara untuk tingkat Provinsi Jawa Barat pada bulan Desember 2021 nanti.

Rapat koordinasi FKUB ini terfokus  pada upaya menumbuh kembangkan toleransi, mencegah radikalisme, dan terorisme, maka Moderasi Beragama adalah salah satu upaya strategis untuk mewujudkan masyarakat yang toleran dan sadar akan bahaya radikalisme dan terorisme.

Rakor ini diharapkan memunculkan gagasan gagasan baru terutama mengenai peran FKUB dalam menumbuh kembangkan toleransi, menolak radikalisme dan terorisme  khususnya di Provinsi Jawa Barat.

Rakor Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) membawa Tema : Optimalisasi Peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dalam Moderasi Beragama Untuk Mewujudkan Toleransi Guna Menjaga Kondusifitas Di Wilayah Jawa Barat

Dalam kegiatan Rapat Koordinasi Forum Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Barat, dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat UU Rhuzanul Ulum, Kaban Kesbangpol Provinsi Jawa Barat, DR.Drs.H.R.Iip Hidajat,MP, Kabid Ormas Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat, dan para peserta rakor dari Kesbangpol Kabupaten/Kota se Jawa Barat, FKUB Kabupaten/Kota se Jawa Barat, sebanyak 135  orang peserta.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulun, mengatakan, Forum Kerukunan Umat Beragama adalah salah satu langkah Pemerintah untuk mensukseskan Bhineka Tunggal Ika. Indonesia lahir berdasarkan kesepakatan, kesepakatan berbagai umat beragama yang memiliki legitimasi dari negara dan juga kesepakatan dari berbagai ormas dan lainnya. 

"Artinya kesepakatan itu harus dibina, harus diperbaharui dan harus dikuatkan maka salah satunya Pemerintah adalah membuat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang ada di pusat dan ada juga ditingkat provinsi dan kabupaten/kota dengan harapan tidak terjadi benturan antar umat beragama khususnya di Jawa Barat"  ucap Wagub Jabar.

Karena setelah terjadi benturan antar agama, ini berbahaya.  Apa.."Umat Islam" bisa tersentuh "SARA" nya ada kata Jihad Mardhatillah, sudah tidak takut mati kalau sudah Jihad diangkat dengan keimanan dan ketakwaan, mungkin agama lain pun dengan Nasionalisme dan lainnya bisa saja terjadi hal semacam itu

"Oleh karena itu FKUB ini perlu menjadikan salah satu alat untuk kebersamaan. Saya mengharapkan Jawa Barat tetap masyarakatnya bisa bersatu"  pungkas Wakil Gubernur Jabar.  (Purwadhi).