= Lanud Sulaiman Laksanakan Latihan PPRM - Nuansa Metro

Lanud Sulaiman Laksanakan Latihan PPRM


Foto : Simulasi pelaksanaan PPRM Lanud Sulaiman yang melakukan peragaan dalam menghadapi situasi yang sebenarnya di lapangan bila terjadi kerusuhan.

www.nuansametro.co.id - Bandung
Satuan Intelpam Lanud Sulaiman menerima informasi dari Intelpam Kodam III Siliwangi, bahwa akan ada pergerakan massa dari para driver ojek online yang akan membuat kekacauan di sekitar Lanud Sulaiman, dikarenakan aturan ojek online dilarang masuk dalam lingkungan Lanud Sulaiman untuk mengantar penumpang atau barang sehingga massa tidak setuju dengan aturan tersebut.

Pergerakan sekelompok massa diperkirakan 100 orang telah bergerak dengan sepeda motor menuju Lanud Sulaiman dari arah Sayati dan sudah berada di jalan Golf.  Mereka bergerak berteriak dan mengadakan orasi di depan gerbang pos 3  yang telah ditutup oleh petugas jaga.

Keadaan tersebut dilaporkan Eagle (Kadisops) kepada Komandan Lanud Sulaiman. Setelah sebelumnya melalui perintah Kadisops, Kasi Kamhanlan (Eagle 2) melakukan gelar pasukan di lapangan apel staf II dan selesai konsolidasi. Pasukan PPRM (Pengendali Pasukan Rusuh Massa), satu tim  Satpomau sebagai tim negosiasi, Pentak, Intelpamau, dan tim kesehatan dengan mobil ambulannya standby di dekat pos piket 3 Lanud Sulaiman.

Sesampai di TKP, tim nego (perwira intelpam, hukum dan satu personel Pomau) melaksanakan negosiasi dan himbauan pendemo agar terang namun tidak berhasil. Kasi Kamhanlan selaku Komandan PPRM segera bertindak menggerakkan seluruh kekuatan dan kelengkapan PPRM, termasuk menyemprotkan water canon kepada para pendemo sampai lemah dan terpecah. Satpomau dibantu dengan intelpam akhirnya menangkap beberapa orang yang disinyalir sebagai provokator, diamankan dan diproses di Satpomau. .

Demikian skenario simulasi pelaksanaan PPRM Lanud Sulaiman yang melakukan peragaan dalam menghadapi situasi yang sebenarnya di lapangan bila terjadi kerusuhan. Tim PPRM yang terdiri dari personel bintara dan tamtama Lanud Sulaiman,  melaksanakan aplikasi pelatihan yang disesuaikan dengan kejadian sesungguhnya. 

Latihan tersebut melibatkan  Intelpam, Pomau, rumah sakit dengan dukungan mobil ambulans, dan  1 unit mobil pemadam kebakaran, berlokas di  gerbang Pos 3 Lanud Sulaiman , Margahayu Bandung, pada Kamis (2/09). 

Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mokh. Mukhson melalui Kadisops Letkol Lek Petrus P.S., menyampaikan bahwa latihan PPRM  ini dimaksudkan agar menjadi pedoman pasukan di lapangan dalam menghadapi rusuh massa. 

“Setiap anggota harus memahami dan menghayati hakekat PPRM dan mampu mengaplikasikannya di lapangan yang sesungguhnya,” Kata Kadisops.

Latihan PPRM di Saksikan oleh para Danskadik dan beberapa Perwira Lanud Sulaiman.  (Rls/Purwadhi)