= Eksistensi Pastobak, Dalam Melestarikan Kesenian dan Kebudayaan Daerah di Karawang - Nuansa Metro

Eksistensi Pastobak, Dalam Melestarikan Kesenian dan Kebudayaan Daerah di Karawang


Foto : Ketua Umum Paguyuban Seni Topeng Banjet Karawang, Tomi Rimansah, S.IP.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Demi melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah di kabupaten Karawang, Paguyuban Seni Topeng Banjet Karawang (Pastobak) yang di motori oleh Tomi Rimansah, S.IP, hingga kini masih tetap terjaga existensi nya.

Untuk menciptakan nuansa musik yang variatif, serta tidak menghilangkan ciri khas kesenian Sunda asli dari Topeng Banjet, sebagai salah satu kesenian warisan leluhur yang harus terus di jaga. 

Kini Paguyuban Seni Topeng Banjet Karawang (Pastobak) akan menciptakan satu regenerasi muda Topeng Banjet yang dapat mengkolaborasikan seni musik gamelan Topeng Banjet dengan warna musik di masa kini.

Akan tetapi, tidak menghilangkan ciri khasnya musik tradisional dari Topeng Banjet itu sendiri, dengan harapan agar bisa di terima oleh generasi muda milenial masa kini.

"Paguyuban Seni Topeng Banjet Karawang (Pastobak), akan terus menjaga dan melestarikan kearifan lokal kesenian tradisional Topeng Banjet, sesuai visi dan misi yang ada dalam Pastobak itu sendiri"  Ungkap Tomi.

Menurutnya, Pastobak merupakan satu wadah para seniman Topeng Banjet yang ada di kabupaten Karawang, yang nantinya akan membimbing para generasi muda atau penerus, demi menjaga kelestarian kesenian tradisional ini. 

Serta agar tetap exis di era modernisasi abad masa kini, khususnya kesenian dan kebudayaan Karawang yang sudah mempunyai hak kelayakan intelektual.

"Kami dari Pastobak, saat ini meminta perhatian dan dukungan dari pemerintah kabupaten Karawang, untuk tetap memperhatikan kami para seniman Topeng Banjet khususnya, dan seniman - seniman lain yang ada di kabupaten Karawang, agar tetap mampu exis dari masa ke masa"  harap Tomi. (Asep Supri)

Posting Komentar untuk "Eksistensi Pastobak, Dalam Melestarikan Kesenian dan Kebudayaan Daerah di Karawang"