= Dinas Pertanian Karawang Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban Jelang Idul Adha - Nuansa Metro

Dinas Pertanian Karawang Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban Jelang Idul Adha


Foto : Nurdin, S.P petugas pemeriksa hewan qurban.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Menjelang hari raya idul adha pihak Dinas Pertanian melalui UPTD Pertanian  Kecamatan Rengasdengklok mengadakan pemeriksaan hewan hidup yang akan di sembelih untuk qurban. Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan oleh Petugas Dinas Pertanian meliputi tiga tahapan, pemeriksaan hewan yang berada di pasar dan lapak pinggir jalan termasuk di para petani. 

Bukan itu saja pemeriksaan kesehatan hewan tersebut berlangsung ke tahap pemotongan dan penyembelihan. 

Menurut Nurdin, S.P petugas lapangan yang mewakili Ir Sudarma Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Rengasdengklok saat di konfirmasi nuansametro.co.id, Senin (19/07/21) mengatakan, pemeriksaan hewan hidup untuk menjelang hari raya idul adha ini pihak nya sudah mengadakan pemeriksaan ke sejumlah pasar-pasar dan lapak pedagang, termasuk ke petani setempat. 

"Pemeriksaan tersebut difokus kan kepada kesehatan hewan di teliti dari faktor usia hewan yang mencukupi, kondisi hewan tidak boleh ada yang cacat sesuai anjuran agama Islam dan hewan yang akan di Qurban tidak boleh yang kurus harus gemuk dan sehat, setelah dari hasil pemeriksaan yang dilaksanakan oleh petugas, maka hewan Qurban diantaranya Sapi dan kambing tersebut yang dinyatakan sehat setelah memberikan kalung sehat dileher hewan" Ungkap Nurdin.

Menurutnya, dari pemeriksaan hewan yang berada di Kecamatan Rengasdengklok sekitar 800 ekor sapi  dan kambing. Petugas pemeriksaan melibatkan enam petugas lapangan dari sembilan desa di Kecamatan Rengasdengklok.

"Ahamdulilah setelah hasil pemeriksan oleh petugas, hewan Qurban tersebut dinyatakan sehat. Tidak Ada penyakit zinosis hewan yang membahayakan" ucapnya.

Kata Nurdin, pedagang hewan biasanya di datangkan dari Kabupaten Purwakarta dan daerah Jonggol Bogor. Untuk sementara ini hewan dari Jawa Tengah tidak ada. 

"Dengan masa  pandemi PPKM ini dalam perayaan idul adha berharap kepada masyarakat pada saatnya pemotongan Qurban harus menerapkan prokes yang dianjurkan oleh pemerintah" pungkasnya. (Ito)

Posting Komentar untuk "Dinas Pertanian Karawang Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban Jelang Idul Adha"