= Partisipasi Ormas GMPI Dalam Pilkada Karawang 2024, Dukung Siapapun, Tanpa Afiliasi Partai Politik - Nuansa Metro

Partisipasi Ormas GMPI Dalam Pilkada Karawang 2024, Dukung Siapapun, Tanpa Afiliasi Partai Politik


Foto : Ketua Umum GMPI, H. Muhammad Sayegi Dewa 

Nuansa Metro - Karawang  |  Posisi organisasi sosial kemasyarakatan (ormas) pada setiap pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) terasa sangat penting. Dengan sumber daya berupa pimpinan, kiai, anggota, dan amal usaha di berbagai bidang, ormas memiliki daya pikat luar biasa.

Ormas merupakan komponen civil society yang memiliki peran-peran penting dengan cakupan yang luas. Hampir semua peran negara --kecuali dalam hal pertahanan, keamanan, serta penegakkan hukum secara formal dilakukan oleh Ormas. Ormas berperan besar dalam bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, dan lain-lain.

Ormas juga memiliki jaringan organisasi yang mapan mulai pusat, wilayah, daerah, kecamatan, hingga desa dan kelurahan. Ormas-ormas mapan seperti GMPI (Gerakan Militansi Pejuang Indonesia) juga memiliki anggota dengan jumlah yang sangat besar.

Karena itulah, tidak mengherankan jika beberapa pasangan calon yang running dalam pilkada serentak pasti memanfaatkan potensi ormas. Bagi pasangan calon, dukungan ormas sangat potensial untuk mendulang perolehan suara dalam pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada Nopember 2024 mendatang.

Ormas GMPI menyatakan sikap politik akan mendukung siapapun para bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Karawang di Pilkada Karawang 2024. GMPI Karawang menegaskan akan menentukan sikap mendukung setelah hasil musyawarah organisasi dan analisis organisasi itupun jika sudah di tetapkan sebagai Bakala Calon Bupati/Wakil Bupati oleh KPUD Karawang.

"Kami GMPI akan mendukung siapapun bakal Cabup/Cawabup dan mendeklarasikan dukungan kepada Pasangan Calon manapun dalam Pilkada 2024, setelah hasil musyawarah organisasi,” ungkap H. Muhammad Sayegi Dewa, Minggu 01 Mei 2024.

Dikatakannya, GMPI sebagai Organisasi Massa yang memiliki hak dan aturan organisasi sehingga segala sesuatu ditentukan dengan musyawarah organisasi. 

“Jadi Intinya tidak ada kaitan dengan partai politik manapun. Sehingga dalam menentukan dukungan berdasarkan hasil musyawarah organisasi,” tambah Bang Dewa. 

Namun sebagai organisasi masa (ormas), GMPI tetap memiliki sikap politik sebagai bentuk partisipasi warga negara.

“Tapi kami tetap mendorong agar semuanya memberikan dukungan bagi sahabat yang maju dalam kontestasi Pikada Karawang 2024,” kata dia.

Ketua Umum GMPI menegaskan, bahwa dalam menghadapi Pilkada Karawang 2024, GMPI tidak berafiliasi kepada partai politik manapun, tidak ada penggiringan anggota ke salah satu Partai atau Pasangan Calon.

"Semua calon adalah tokoh-tokoh terbaik dan layak untuk menjadi pemimpin, siapapun nanti yang memimpin Kabupaten Karawang, itu adalah pemimpin kita yang harus kita dukung," jelas dia,

H. Dewa mengatakan, pada Pikada Karawang nanti, GMPI siap menjadi garda terdepan untuk mensukseskan Pilkada yang adil, jujur dan bermartabat, serta menjaga keamanan, ketertiban dan kondusifitas.


• Red