= Peringatan HPSN 2024, Karawang Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Launching Aksi Bersih Negeri Serentak - Nuansa Metro

Peringatan HPSN 2024, Karawang Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Launching Aksi Bersih Negeri Serentak


Foto : Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan kabupaten Karawang, Drs. Iwan Ridwan 

Nuansa Metro - Karawang |  Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan menggelar aksi bersih negeri serentak di seluruh Indonesia dengan mengambil tema "Atasi sampah plastik dengan cara produktif".

Pada peringatan HPSN 2024, Kabupaten Karawang ditunjuk sebagai tuan rumah launching aksi bersih negeri serentak yang dipusatkan di lapangan Karang pawitan Karawang, pada Jum'at 8 Maret 2024.

Launching aksi bersih negeri serentak tersebut akan dihadiri Menteri KLHK RI, Pj. Gubernur Jawa Barat, 7 duta besar negara sahabat, Dirjen PSL B3, Kepala dinas DLHK Jawa Barat, Bupati Karawang,  organisasi dan komunitas pecinta peduli lingkungan.

Kepala dinas DLHK Karawang, Drs. Iwan Ridwan mengatakan, HPSN tahun 2024 dilaksanakan selama dua bulan yaitu bulan Februari dan Maret, dan ditingkat nasional akan dilaksanakan pada 8 Maret 2024 di Kabupaten Karawang, dimana pada hari itu akan ada gerakan pembersihan sampah serentak diseluruh wilayah.

"Menteri KLHK RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc akan secara resmi membuka aksi bersih negeri serentak yang akan diikuti para peserta secara nasional melalui video conference," ucap Iwan saat ditemui jurnalis nuansametro.co.id diruang kerjanya, Selasa (5/3/2024)

Iwan menambahkan, aksi bersih negeri serentak diisi berbagai kegiatan, diantaranya aksi pemungutan sampah, penyortiran sampah sesuai jenis, penimbangan, pengangkutan sampah dan penanaman pohon serta wawancara langsung Menteri KLHK RI dengan wilayah terpilih melalui video confrence.

Iwan menegaskan, Kabupaten Karawang sudah sebagai tuan rumah HPSN 2024, pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai OPD dan seluruh stakeholder di Karawang, seperti dengan Dinas Koperasi Karawang yang akan membuka puluhan stand UMKM.

"Semoga acara berjalan sukses, lancar dan aman, kami siap memberikan sambutan dan pelayanan terbaik atas kunjungan Menteri KLHK, para duta besar, Pj. Gubernur Jawa Barat dan tamu undangan lainnya," tutur Iwan.

Iwan berharap, dengan adanya aksi bersih negeri serentak ini, pengelolaan sampah di Karawang semakin baik dan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.



• IRF