= Program Peremajaan Sawit Rakyat di Deli Serdang Bertujuan Menyejahterakan Petani Sawit dan Meningkatkan Perekonomian - Nuansa Metro

Program Peremajaan Sawit Rakyat di Deli Serdang Bertujuan Menyejahterakan Petani Sawit dan Meningkatkan Perekonomian



Nuansa Metro - Deli Serdang |  "Program Peremajaan Sawit Rakyat memiliki tujuan untuk menyejahterakan petani sawit dan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Deli Serdang,” kata Bupati.

Diterangkan Bupati, Kabupaten Deli Serdang memiliki luas wilayah 2.497,72 kilometer persegi, dengan topografi terdiri dari daerah pantai, dataran rendah dan tinggi, pegunungan serta memiliki komoditi unggulan penunjang pembangunan pertanian, antara lain kelapa sawit, kelapa dan kopi.

"Kelapa sawit menjadi salah satu komoditi terbesar dengan jumlah produksi 38.731.83 ton, dengan luas tanam kurang lebih 20 ribu hektare (Ha) yang dikembangkan di beberapa kecamatan yang ada," ujarnya.

Menurutnya, tingginya daya saing komoditas perkebunan di Kabupaten Deli Serdang membuat perkebunan menjadi salah satu subsektor dalam sektor pertanian yang memiliki peran strategis bagi kehidupan masyarakat, baik terhadap ekonomi, ekologi, maupun sosial.

"Peremajaan Sawit Rakyat menjadi salah satu program strategis nasional dan sebagai upaya meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan kelapa sawit dengan menjaga luasan lahan," jelasnya.

Lebih lanjut Bupati memaparkan, Program Peremajaan Sawit Rakyat bisa dimanfaatkan secara optimal sekaligus sebagai solusi untuk konservasi lingkungan di Kabupaten Deli Serdang.


"Diharapkan, bantuan PSR ini akan memberi manfaat yang besar kepada para petani sawit di Deli Serdang, sehingga perkebunan sawit dapat semakin meningkat hasil produksinya, produktivitas, daya saing dan pendapatan masyarakat,” harap Bupati.


Reporter : Romson nainggolan, Amd