= MKKS Cup Diikuti Ratusan Siswa SMP Negeri Dan Swasta Sewilayah Karawang Kota - Nuansa Metro

MKKS Cup Diikuti Ratusan Siswa SMP Negeri Dan Swasta Sewilayah Karawang Kota



Foto : Plt Kadisdikpora kabupaten Karawang, Cecep Mulyawan, M.Pd

Nuansa Metro - Karawang |  Ratusan siswa SMP Negeri dan swasta Se-Wilayah 1 Karawang Kota ikut berlaga dalam berbagai perlombaan yang digelar Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri dan swasta.

Event tahunan yang digeber di aula SMPN 1 Karawang itu sebagai tolok ukur kemampuan siswa dalam berkreasi dan berinovasi guna mencapai prestasi.

Ketua MKKS Sewilayah Karawang Kota, Wawan Hernawan  mengatakan, kegiatan lomba yang diselenggarakan pihaknya ini merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi bagi siswa-siswi agar berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik. Kegiatan tersebut juga sebagai ajang menumbuhkan persahabatan antar siswa jenjang SMP Negeri dan swasta melalui lomba mata pelajaran, olahraga, dan seni.

Tak hanya itu, kata Wawan, MKKS Cup juga sebagai upaya sekolah dalam menumbuhkembangkan karakter positif pada siswa dan penggalang. Utamanya karakter religius, mandiri, nasionalisme, serta gotong royong. 

"Siswa yang berprestasi dan meraih juara lomba agar memiliki bukti sertifikat atau piagam kejuaraan yang berguna sebagai tiket untuk masuk jalur prestasi di jenjang SMA/SMK nantinya,” terang Wawan kepada jurnalis Nuansa Metro, Sabtu (20/1).

Wawan berharap, kegiatan tersebut bisa menjadi wadah bagi siswa-siswi untuk lebih semangat belajar, berkreasi, dan berinovasi dalam meraih prestasi. 

"Seberapa jauh strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan, tentu akan mampu membuat para peserta didik dapat menguasai standar isi dan kompetensi lulusan,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kadisdikpora kabupaten Karawang, Cecep Mulyawan, M.Pd, mengapreasiasi atas terselenggaranya MKKS Cup Sewilayah Karawang Kota ini. Kegiatan tersebut tidak lain adalah untuk mencari dan mencetak bibit-bibit yang siap berkompetisi di event Kabupaten, Provinsi maupun Nasional.

Selain itu, imbuh Cecep, juga dapat membantu program-program Dinas Pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas peserta didik yang ada di Karawang 

"Segala upaya yang sudah dilakukan untuk menuju perubahan pendidikan yang bermutu dan berkualitas dengan menunjukkan prestasi-prestasi. Baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional,” ujarnya.

Cecep mengatakan, peserta lomba harus berkomitmen menjunjung tinggi sportivitas. Sebab, kegiatan ini merupakan bagian dari pembentukan karakter kepribadian yang jujur dan disiplin. 

Foo : Ketua MKKS Sewilayah Karawang Kota, Wawan Hernawan 

"Semua murid yang ikut berlaga adalah murid-murid yang hebat. Murid yang hebat karena gurunya hebat. Guru yang hebat karena kepala sekolahnya lebih hebat, kepala sekolah yang hebat karena adanya motivasi dan bimbingan dari sosok seorang pengawas,” pungkasnya.


• Daryadi