= Kadisdikpora Karawang Resmi Buka Turnamen MKKS Cup Komisariat Telukjambe - Nuansa Metro

Kadisdikpora Karawang Resmi Buka Turnamen MKKS Cup Komisariat Telukjambe


Foto : Kadisdikpora kabupaten Karawang saat membuka turnamen MKKS Cup Komisariat wilayah 2 Telukjambe 

Nuansa Metro - Karawang 

Komisariat wilayah 2 Telukjambe resmi menggelar kegiatan turnamen MKKS Cup, yang bertempat di SMPN 2 Telukjambe Timur, pada Minggu (18/12/2023).

Kegiatan tersebut di awali dengan Upacara pembukaan sekaligus penampilan seni Tari Budaya, yang dibawakan oleh para siswa SMP.

Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Plt. Kadisdikpora kabupaten Karawang, Drs. Cecep Mulyawan, perwakilan dari kantor Departemen Agama Karawang, Plt Kabid Dikdas, didampingi Kabid GTK beserta Pengawas. Selain itu, dihadiri pula oleh seluruh Kepala Sekolah SMP Negeri dan Swasta di Wilayah Komisariat 2 Telukjambe yang meliputi sekitar Telukjambe Timur, Telukjambe Barat, Ciampel, Pangkalan, Tegalwaru, dari Klari.

Kepala komisariat wilayah 2 Telukjambe, Drs. H. Suryono saat menyampaikan sambutan pada pembukaan turnamen MKKS Cup tingkat Komisariat Telukjambe mengatakan, MKKS Cup merupakan bentuk tindak lanjut kegiatan pengembangan ekskul yang selama ini diaktualisasikan di setiap sekolah, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta di tingkat satuan pendidikan SMP. 

“Kegiatan ini merupakan agenda tahunan kami dan harus terus berjalan meskipun regenerasi di tubuh para guru terus terjadi. Karena melalui kegitan ini, tali silaturahmi antar guru, siswa, kepala sekolah bisa terus terikat,” kata Suryono.

Ia berharap, terselenggaranya kejuaraan MKKS Cup tidak hanya sebatas pemenuhan agenda tahunan belaka. Akan tetapi, bisa melahirkan atlet-atlet andal yang nantinya mampu mengharumkan nama Karawang dikancah yang lebih tinggi.

Selain itu sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Forum MKKS kabupaten Karawang, Suri Andana, M.Pd, mengungkapkan, bahwa pelaksanaan turnamen MKKS Cup ini sengaja dilaksanakan pada hari libur atas permintaan Kadisdikpora dan hal itu tentunya mendapat support dari para pelaksana kegiatan turnamen MKKS Cup ini. 

"Kegiatan ini adalah program MKKS kabupaten, kegiatan ini setiap tahun harus dilaksanakan, namun pelaksanaan pada tahun ini disetiap wilayah agak berbeda dengan pelaksanaan dari tahun sebelumnya. Kemungkinan besar rentetan waktunya sekarang berbarengan. Karena itu pelaksanaan ini juga untuk mencegah terhadap adanya kenakalan remaja di hari libur," ungkap Suriandana.

Suriandana, berharap dengan kegiatan turnamen MKKS Cup ini, dapat menghantarkan anak-anak atlet ini ke tingkat yang lebih tinggi, ketingkat provinsi kemudian ketingkat nasional. 

"Dan Alhamdulillah kabupaten Karawang selalu mengikutsertakan atlet dari hasil kegiatan - kegiatan ini ke perlombaan ketingkat yang lebih tinggi. Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antara para kepala sekolah, guru, dan siswa," pungkasnya.

Di waktu yang sama, Kepala dinas pendidikan dan olahraga (Disdikpora) kabupaten Karawang, Drs. Cecep Mulyawan membuka secara resmi kejuaraan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Cup tingkat Komisariat Telukjambe Sekolah Menengah Pertama (SMP) bertempat di SMP Negeri 2 Telukjambe Timur Karawang, Minggu (18/12/2023) siang. 

Dalam sambutannya, Kadisdikpora Karawang mengapresiasi kegiatan tersebut. 

Kegiatan ini menurut Cecep, dinilai sebagai tolak ukur kemampuan siswa dalam berolahraga dan sebagai tolak ukur keberhasilan guru dalam memberikan pelajaran terhadap para siswanya, sekaligus sebagai wadah ekstrakulikuler di sekolahnya masing-masing. 


"Mengukur bakat dan minat siswa yang telah di latih melalui ekskul di sekolahnya, juga kemampuan guru dalam memberi pelajaran terhadap siswa. Maka dengan ini MKKS Cup saya buka" tutup Cecep.

Dalam turnamen MKKS Cup tersebut, ada beberapa cabor yang dipertandingkan. Yakni cabor Bola Basket, Bola Volly serta Tenis meja. Peserta yang terlibat berasal dari komisariat wilayah 2 Telukjambe.


• Daryadi Sukma