= DPP LSM LIPAN Sambangi Kejari Deli Serdang Desak Periksa Kepala Badan Pendapatan Daerah - Nuansa Metro

DPP LSM LIPAN Sambangi Kejari Deli Serdang Desak Periksa Kepala Badan Pendapatan Daerah



Nuansa Metro - Deli Serdang

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Indevendent Peduli Aset Negara (LIPAN) bersama sejumblah Aktivis dan Wartawan melakukan aksi demo di depan Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Deli Serdang, dan Dinas Badan Pendapatan dan Daerah Kabupaten Deli Serdang, pada Rabu (27/12/2023), terkait kinerja Kepala Dinas Badan Pendapatan dan Daerah Kabupaten Deli Serdang.

Dalam aksi ini DPP LSM LIPAN meminta agar Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Deli Serdang segera memeriksa Kepala Dinas Badan Pendapatan dan Daerah Kabupaten Deli Serdang, Drs. Hendra Wijaya terkait kebocoran Pendapatan Daerah melalui Pajak yang di duga Galian C Ilegal yang ada di Kabupaten Deli Serdang.

Juga mendesak Kejaksaan Negeri Kabupaten Deli Serdang memeriksa Kepala Bidang Pajak daerah di karenakan yang di duga tidak memiliki kemampuan serta dedikasi untuk memaksimalkan target Pajak Daerah, Realisasi Pajak yang di duga Galian C Ilegal hanya mencapai lebih kurang 12% ABT 40% dari target Pajak Restoran, Hotel, Hiburan dan Parkir jauh dari target, target Pajak di Kabupaten Deli Serdang masih Rp. 721,2 Miliar dari target APBD yang ingin di capai Rp. 1,275 Triliun.

Saat berorasi, Pantas Tarigan, M.Si, selaku Ketua DPP LSM LIPAN meminta agar Kejaksaan Negeri Kabupaten Deli Serdang segara melakukan pemeriksaan dugaan kebocoran Pendapatan Daerah melalui Pajak. Selain itu adanya dugaan Anggaran Pajak masuk ke kantong pribadi mereka, untuk memperkaya diri mereka.

Salah satu yang menjadi konsen LSM LIPAN adalah Pendapatan Pajak dari aktivitas yang di duga Galian C Ilegal, bahwa LSM LIPAN menyampaikan yang di duga kuat banyak aktivitas Galian C Ilegal di Kabupaten Deli Sedang tidak membayar Pajak sehingga sangat merugikan Negara.

Masa aksi kemudian di terima Kejaksaan Negeri Kabupaten Deli Serdang melalui Kasi Intelejen Dedi Sanjaya, yang menemui para pendemo sembari meminta salinan tuntutan untuk di sampaikan kepada pimpinan.

Usai melakukan aksi di depan Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Deli Serdang, massa kemudian beralih ke Kantor Dinas Pendapatan dan Daerah Kabupaten Deli Sedang, di sini massa aksi juga menyampaikan sejumlah tuntutan.


Di akhir aksi unjuk rasa Pantas Tarigan, M.Si juga meng Ultimatum Bahwa Aktivis dan DPP LSM LIPAN bersama Wartawan menunggu 7x24 Jam agar Dinas Badan Pendapatan dan Daerah Kabupaten Deli Serdang melaporkan peningkatan kinerja Dinas Badan Pendapatan dan Daerah Kabupaten Deli Serdang, 

Pantas juga ancam akan melakukan unjuk rasa dengan masa yang lebih besar lagi, hingga aksi usai berjalan dengan aman dan tertib dengan pengawalan dari Aparat Kepolisian Polresta Deli Serdang dan bersama Satpol PP Kabupaten Deli Serdang.


•  Romson nainggolan,Amd.