= Developer Puri Nirwana Residences Cikarang Utara Lakukan Pembenahan Jelang Musim Hujan - Nuansa Metro

Developer Puri Nirwana Residences Cikarang Utara Lakukan Pembenahan Jelang Musim Hujan


Foto : Peninggian jalan utama dilingkungan perumahan Puri Nirwana Residences 

Nuansa Metro - Bekasi 
Kabupaten Bekasi menjadi salah satu wilayah yang rentan terhadap banjir luapan air sungai, yang menyebabkan kerugian dan mengganggu aktivitas masyarakat. Pemerintah Kabupaten Bekasi telah berupaya untuk mencegah terjadinya banjir, namun banjir masih tetap terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan pemerintah kabupaten Bekasi dalam mengahadapi bencana banjir yang setiap musim penghujan datang 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bekasi telah melakukan kegiatan mitigasi dengan membuat tanggul dan beberapa polder banjir, namun kegiatan tersebut belum efektif mencegah dan mengurangi banjir. 

Begitu juga yang telah dilakukan salah satu pengembang perumahan yang berada di Kecamatan Cikarang Utara, adalah perumahan Puri Nirwana Residences yang tepat berada di Desa Sukaraya kecamatan Karang Bahagia, juga telah melakukan kesiapan dalam menghadapi bencana banjir, dengan memperbaiki dan melengkapi sarana dan prasarana yang ada.

Seperti yang diungkapkan Direktur Teknik Perumahan Puri Nirwana Residences, Eko Wahyu Utomo kepada awak media dikantornya, bahwa pihaknya telah melakukan beberapa pekerjaan sarana dan prasarana infrastruktur yang dianggap vital dalam menghadapi musim penghujan.

"Alhamdulillah, kami dari pengembang perumahan Puri Nirwana Residences sudah melakukan perbaikan - perbaikan infrastruktur peninggian jalan, pengerukan - pengerukan danau resapan. Seperti danau resapan di blok Q depan gedung SMP 3 dan di blok P," ungkap Eko, Selasa (19/12/2023).

Selain itu menurut Eko, pihak developer juga melakukan langkah - langkah pembuatan danau serapan baru seluas 7000 M2 di blok I, pembuatan sodetan baru ke Kali ULU, peninggian jalan utama di blok LA dan Li.

"Selain hal diatas yang telah dilakukan oleh pihak kami. Developer juga melakukan peninggian jalan utama blok EB. Dan yang lebih utama adalah pemasangan 4 pompa berkapasitas besar di titik danau IE , blok 0, blok P dan danau resapan yang ada di depan SMP 3. Bahkan kita juga melakukan pengerukan untuk semua danau serapan yang ada, selama tiga bulan sekali untuk menghindari pedangkalan" tambah Eko.

Foto : Direktur Teknik Perumahan Puri Nirwana Residences Cikarang Utara, Eko Wahyu Utomo saat mencek waterpump 

Eko juga menjelaskan, terjadinya banjir yang tidak begitu signifikan di perumahan Puri Nirwana Residences beberapa waktu lalu, sebenarnya disebabkan adanya proses tutup buka pintu air Palaukan oleh para petani di daerah bawah, dikarenakan para petani juga memang membutuhkan pengaturan air untuk kebutuhan sawahnya.

"Sebenarnya, adanya banjir di perumahan Puri Nirwana Residences saat musim hujan tahun lalu tidak terlalu mengkhawatirkan. Buktinya saat banjir di perumahan PNR tidak ada yang diungsikan kemana-mana, warga ada di rumah masing-masin. Tahun lalu sebelum pembenahan genangan cepat surut, sekarang insya Allah udah nggak ada genangan," tandasnya.

Tentunya, pernyataan Eko juga di benarkan oleh warga perumahan Puri Nirwana Residences Blok EN bernama Rina, yang telah menetap di perumahan tersebut selama 5 tahun.

Menurut Rina, sewaktu musim penghujan tahun lalu-lalu air hujan hanya menggenangi jalan depan rumahnya saja, bahkan surutnya pun cepat. 

"Alhamdulillah pak, saya menetap di perumahan Puri Nirwana Residences ini sudah lima tahun. Kalau datang musim penghujan paling yang tergenang air hujan hanya jalan depan rumah saja, dan tidak sampai masuk ke rumah. Bahkan air surutnya pun cepat kok," ujar Rina kepada media ini, Selasa (19/12/2023).

Rina mengungkapkan, dia bersama keluarganya sangat betah bermukim di Puri Nirwana Residences. 

"Apalagi setelah dibangunnya beberapa danau serapan. Bila turun hujan, cepat surut airnya juga pak," tandasnya.

Hal senada juga diungkapkan warga lainnya yang menghuni di Blok EI bernama Irfan. Irfan membenarkan dan mengetahui terkait adanya beberapa fasilitas penunjang antisipasi musim penghujan yang dilaksanakan oleh pihak pengembang, diantaranya penyediaan waterpump dan danau serapan yang ada di beberapa blok lainnya.

Foto : Alat berat saat melakukan pengerukan danau serapan yang berada di lingkungan perumahan Puri Nirwana Residences Cikarang 

"Memang yang kami ketahui, pihak developer sedang melakukan pembenahan beberapa pasilitas yang ada dilingkungan perumahan ini. Yang kami ketahui sudah ada beberapa waterpump dan danau serapan yang ada di beberapa lokasinya. Bahkan saya juga sempat melihat pihak teknik disini sedang melakukan pengerukan danau serapan. Alhamdulillah, waktu hujan awal tahun kemaren, genangan airnya cepat surut dan tak ada air masuk kedalam rumah," terang Irfan kepada media ini.


• Red