= Peringati Hari Kesadaran Antibiotik Sedunia, RS Hermina Karawang Menggelar Edukasi Cara Penggunaan Antibiotik Yang Aman - Nuansa Metro

Peringati Hari Kesadaran Antibiotik Sedunia, RS Hermina Karawang Menggelar Edukasi Cara Penggunaan Antibiotik Yang Aman



Nuansa Metro - Karawang

Dalam rangka memperingati hari kesadaran antibiotik se dunia, Rumah Sakit (RS) Hermina Karawang menggelar edukasi kepada pasien, keluarga pasien dan pengunjung tentang penggunaan antibiotik yang aman, bertempat di Ballroom RS Hermina, Rabu (29/11/2023).

Edukasi antibiotik ini, RS Hermina menghadirkan Apt. Safira Maharani, S.Farm sebagai narasumber, edukasi berjalan interaktif dan antusias dari peserta.

Kepala instalasi farmasi RS Hermina Karawang, Apt. Evi Oktavia Marpaung, S.Farm mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat bagaimana mendapatkan obat antibiotik yang benar dan bagaimana cara menggunakan antibiotik yang benar, karena penggunaan obat antibiotik tidak untuk semua penyakit.

Sementara itu, apt. Safira Maharani dalam pemaparannya menyampaikan, pasien RS Hermina atau masyarakat umum harus paham tentang penggunaan antibiotik dan cara mendapatkan antibiotik yang benar dan aman, serta penggunaan antibiotik harus sesuai dengan resep dokter.

"Rumusnya yaitu Dagusibu (Dapatkan Gunakan Simpan Buang) pasien harus mendapatkan pemahaman dan informasi yang benar untuk mendapatkan antibiotik, cara menggunakan antibiotik, cara menyimpan antibiotik dan cara membuang antibiotik setelah di gunakan," ujarnya.

Safira mengucapkan syukur edukasi ini berjalan lancar, interaktif dan ada feedback yang positif dari peserta.


"Semoga pasien RS Hermina semakin paham tentang penggunaan antibiotik yang aman karena antibiotik atau resistensi bakteri terhadap antibiotik sudah menjadi permasalahan di berbagai belahan dunia," pungkasnya.


• Irfan Sahab