= Guna Tingkatkan Kesadaran Tertib Berlalulintas, Polres Purwakarta Terus Edukasi Pelajar - Nuansa Metro

Guna Tingkatkan Kesadaran Tertib Berlalulintas, Polres Purwakarta Terus Edukasi Pelajar


Foto : Program Police Goes To School, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta, Polda Jawa Barat datangi sejumlah sekolah di Kabupaten Purwakarta

Nuansa Metro - Purwakarta 

Melalui program Police Goes To School, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta, Polda Jawa Barat datangi sejumlah sekolah di Kabupaten Purwakarta. Kegiatan digelar untuk mencegah kenakalan remaja serta memberikan pendidikan tertib lalu lintas kepada para pelajar. 

Kegiatan Police Goes To School kali ini digelar di SD Negri Purwamekar, Kabupaten Purwakarta, pada Senin, 20 November 2023.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Lantas, AKP Dadang Supriadi mengatakan, bahwa sasaran dari sosialiaasi ini guna meningkatkan kesadaran tertib berlalulintas kepada para pelajar di Kabupaten Purwakarta. 

"Sebagaimana arahan Pak Kapolres Purwakarta, dalam sosialisasi ini kami memberikan pendidikan para siswa-siswi untuk tertib berlalu dan sadar tata cara berlalu lintas yang baik dan sopan santun di jalan. Kalau belum punya SIM, jangan bawa kendaraan dulu," ucap Dadang. 

Melalui program Police go to School, lanjut dia, Satlantas Polres Purwakarta konsisten dalam upayanya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat menjadi pelopor keselamatan berkendara dan membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan. 

"Salah satu upayanya adalah dengan menanamkan budaya tertib berlalu lintas sejak usia dini. Dengan menanamkan tertib berlalu lintas sejak dini, maka disiplin berlalu lintas akan tercipta dengan sendirinya," jelasnya. . 

Selain itu, Dadang juga mengingatkan kepada para siswa dan siswi untuk meningkatkan disiplin serta menghindari segala pelanggaran baik di dalam maupun di luar sekolah.

Lebih lanjut, kata Kasat, salah satu bentuk disiplin nyata yang bisa langsung dilakukan oleh para pelajar adalah langsung kembali ke rumah masing-masing selepas sekolah dan tidak nongkrong.

Hal itu karena, tambah Dadang, pelajar yang nongkrong tanpa tujuan yang jelas kerap menjadi pemicu tawuran antar pelajar.

"Pulang sekolah langsung pulang ke rumah. Hindari bergerombol alias nongkrong karena memancing terjadinya tawuran. Hindari 'bullying' dan kenakalan lainnya, serta jauhi narkoba," ujarnya.

Police Goes To School, lanjut Dadang, menjadi salah satu kegiatan rutin Satlantas Polres Purwakarta di sekolah-sekolah baik di tingkat SD, SMP maupun SMA. Kegiatan ini akan terus dilakukan.


"Pendekatan persuasif seperti ini efektif dalam mencegah permasalahan yang timbul di kalangan remaja. Kami juga edukasi agar para pelajar tidak mengikuti kelompok yang menimbulkan gangguan Kamtibmas seperti balapan liar maupun Geng Motor,” Ungkap Dadang.



• Dedi TM