= Diduga Akibat Adanya Eksplorasi Minyak dan Gas PT. Pertamina, Rumah Warga di Dusun 2 Desa Darawolong Mengalami Retak Dinding - Nuansa Metro

Diduga Akibat Adanya Eksplorasi Minyak dan Gas PT. Pertamina, Rumah Warga di Dusun 2 Desa Darawolong Mengalami Retak Dinding


Foto : Sudarsono Kadus 2 Darawolong dan Amir Ketua RT 05

Nuansa Metro - Karawang

Sejumlah rumah warga yang terletak di Dusun 2 Desa Darawolong, Kecamatan Purwasari, Karawang, mengalami kerusakan berupa dinding retak, yang di duga dampak adanya aktivitas pengeboran, eksplorasi minyak dan gas PT. Pertamina yang berada di wilayah Desa  Darawolong.

Kepada awak media, Kepala dusun 2 Desa Darawolong, Sudarsono, menyampaikan hingga saat ini, pihaknya menerima laporan dari warga, kurang lebih ada 27 rumah mengalami retak-retak pada dindingnya, di duga akibat adanya proses penelitian peledakan pekerjaan seismik 3D Kepuh Pertamina, di Dusun Wagir Limo RT 05 RW 02 Desa Darawolong.

"Sebelumnya tidak ada retakan di bagian dinding rumah warga, tapi setelah ada penelitian Seismik 3D Kepuh Pertamina yang melakukan pengeboran dan peledakan, dampaknya rumah warga kami mengalami retak-retak," ungkap Sudarsono, Minggu (19/11/2023).

Lebih lanjut Sudarsono mengatakan, warga Dusun 2 mendesak aparat Desa Darawolong segera menekankan kepada pihak Pertamina Seismik 3D Kepuh untuk bertanggung jawab, dengan segera memperbaiki rumah warga yang mengalami kerusakan.

Di tempat yang sama Ketua RT 05 Dusun 2, Amir mengatakan, warganya tidak mengada ada, atau pun akal akalan belaka terkait adanya kerusakan rumah, karena sebelum adanya aktivitas pengeboran Pertamina, rumah warga tampak tidak ada kerusakan, namun setelah ada aktivitas Pertamina tersebut.

"Kami menerima pengaduan dari masyarakat bahwa rumahnya mengalami kerusakan," tegasnya.

Amir berharap, pihak Pertamina bertanggung jawab untuk memperbaiki rumah warga yang mengalami kerusakan. 

Foto : Rumah Warga yang mengalami keretakan Dinding 

"Kita adu data saja dari awal pengecekan sampai terjadinya retakan di rumah warga, sekali lagi kami minta Pertamina segera memperbaiki rumah warga kami yang retak-retak," pungkasnya.

Hingga berita ini dipublish, pihak dari PT Pertamina belum memberikan klarifikasi terkait adanya rumah warga di dusun 2 yang mengalami retak dinding.


• Irfan Sahab