= Pengawas Diduga Abaikan Keselamatan Umum, Proyek Sport Center Hasilkan Debu Tebal - Nuansa Metro

Pengawas Diduga Abaikan Keselamatan Umum, Proyek Sport Center Hasilkan Debu Tebal


Foto : Debu yang menghalangi jarak pandang 

Nuansa Metro - Deli Serdang

Akibat lepas kontrol dari pengawas proyek pembangunan Sport Center akhirnya menghasilkan debu yang sangat tebal.

Debu pekat pun menutupi jalan arteri Bandara Kualanamu – Batangkuis, kondisinya sudah pada tingkat mengkhawatirkan atau mencemaskan.

Demikian ditegaskan Sekjen DPN Formapera, Bambang Syahputra kepada awak media nuansa metro pada Senin ( 23/10 ).

"Sangat disayangkan karena pihak pengelola proyek Sport Center membiarkannya," ujar Bambang.

Menurutnya, debu menghalangi jarak pandang, bahkan aspal yang semula hitam kini berubah menjadi kecoklatan, sehingga pengguna jalan resah.

"Kinerja penyedia barang /jasa dan pengawas proyek diduga hanya mengutamakan keuntungan, sebalikknya mengabaikan kesalamatan umum, faktanya dibiarkan," kata Bambang.

Aktivitas truk proyek yang cukup padat, kendaraan keluar masuk, mengakibatkan debu tebal tak terelakkan.

Bambang mengungkapkan, disinyalir terjadi kelalaian pihak pelaksana proyek Sport Center, hal itu diduga melanggar Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 274 Ayat (1) yang menyebutkan bahwa setiap pelanggaran yang merusak dan mengganggu fungsi jalan dapat dikenai hukuman penjara hingga 1 tahun atau denda maksimal Rp 24 juta.

Selain itu, debu ini dikhawatirkan dapat membahayakan dan mengancam keselamatan pengendara.

"Debu dengan partikel kecil dapat membawa virus dan bakteri yang berisiko menyebabkan infeksi saluran napas, jika berlangsung waktu lama tidak tertutup infeksi ini dapat mengarah pada penyakit paru-paru serius, seperti bronkitis, emfisema, pneumonia, dan penyakit pernapasan obstruktif kronis (PPOK)," katanya.

"Diminta kepada instansi terkait tidak tinggal diam, pengawas proyek yang sempat mandul diharapkan bekerja sesuai aturan yang berlaku, sehingga debu dapat diatasi segera," tutup Bambang.  


• Romson nainggolan.