= Setelah 34 Tahun Kecamatan Klari Kembali Menampilkan Kesenian Dan Kebudayaan Sunda - Nuansa Metro

Setelah 34 Tahun Kecamatan Klari Kembali Menampilkan Kesenian Dan Kebudayaan Sunda


Foto : Kepala desa Duren, H. Abdul Halim Suhaeri

Nuansa Metro - Karawang

Puncak acara HUT Kabupaten Karawang ke-390, Pemerintah Kecamatan Klari menggelar hiburan rakyat dengan menampilkan pertunjukan seni dan budaya sunda, bertempat di halaman kantor Kecamatan Klari, Senin (18/9/2023)

Masyarakat Kecamatan Klari nampak antusias menyaksikan pentas seni budaya sunda seperti rampak jaipong, pop sunda, pencak silat krinding awak, tatalu lisung, lengser aki nini dan ngaliwet panjang.

Kepala desa Duren, H. Abdul Halim Suhaeri, sangat mengapresiasi hiburan rakyat yang menampilkan kesenian dan kebudayaan sunda yang diselenggarakan Kecamatan Klari, setelah 34 tahun silam, ini baru pertama kali Kecamatan Klari kembali mengadakan pentas seni budaya sunda.

"Kegiatan ini sangat positif, untuk memperkenalkan dan mengingatkan generasi muda Karawang akan adanya seni tradisional budaya sunda, yang saat ini eksistensi pertunjukan seni budaya sunda sudah hampir punah diantaranya pukulisung lisung, karinding,"  ujar Ebeh Halim.


Ebeh Halim, menambahkan, generasi muda Karawang harus cinta terhadap seni dan budaya tradisional ditengah arus globalisasi dan digitalisasi saat ini. 

"Saya berharap generasi muda dapat melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya sunda,"  tandasnya.


• Irfan Sahab