= Saat Upacara Harlah Pancasila, Walikota Binjai Ajak Masyarakat Untuk Berpartisipasi Membangun Peradaban - Nuansa Metro

Saat Upacara Harlah Pancasila, Walikota Binjai Ajak Masyarakat Untuk Berpartisipasi Membangun Peradaban



Nuansa Metro - Binjai
Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP menjadi inspektur pada Upacara Hari Lahir Pancasila 2023 di Lapangan Merdeka Binjai, Kamis (01/06/2023).

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

Upacara ini diikuti oleh para pimpinan OPD, Camat, Lurah serta Forkopimda Kota Binjai yang mengenakan pakaian adat, serta para ASN di Lingkungan Pemko Binjai.

Pada upacara tersebut, Wali Kota Binjai membacakan amanat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Melalui tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, para peserta upacara dihimbau untuk menghayati bahwa Pancasila menjadi tonggak penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Gotong royong merupakan semangat yang melekat pada bangsa Indonesia yang mampu memupuk solidaritas dan kepedulian pada sesama. 

Gotong royong mengajarkan semua untuk saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama tanpa memandang perbedaan sosial, agama, dan budaya.

Dalam konteks membangun peradaban, Wali Kota Binjai mengatakan, gotong royong memegang peran penting dalam menghasilkan peradaban maju dan berkelanjutan. 

Dengan demikian dibutuhkan partisipasi aktif dari setiap individu. Sebab, sambungnya lagi, kita tidak bisa mengandalkan satu pihak atau kelompok dalam mencapai tujuan bangsa.

Ke depan, kita akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia; menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika; menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia; Masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi; Terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia; menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik; dan Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

“Melalui tema Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini diharapkan bangsa Indonesia, terutama seluruh pemimpin bangsa, pejabat pemerintahan, tokoh agama, para pendidik, dan tokoh ormas untuk menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila,” ucap Wali Kota Binjai mengutip pidato sambutan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 tersebut.

“Tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu yang jujur, aman, dan damai,” ucapnya. 

Ia pun menekankan pentingnya menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Mengakhiri sambutan ini, saya ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita. Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang,” tutupnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Wali Kota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu, STP. MP., Ketua DPRD Kota Binjai H. Noor Sri Syah Alam Putra, Kapolres Binjai AKBP Hendrick Situmorang, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf. Eko Prasteyo, Kepala BNN, Ketua TP. PKK Kota Binjai Dra. Hj. Nurhayati Simanjuntak, Ketua I. TP. PKK Kota Binjai Winda Widya Br. Sebayang, SE., Sekdako Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos., serta masyarakat Kota Binjai yang turut menyaksikan.


•  Romson Nainggolan