= Saat Dikonfirmasi Perihal Tak Pasang Bendera Merah Putih, Oknum Pegawai Puskesmas Karang Anyar Malah Menunjukkan Sikap Arogan - Nuansa Metro

Saat Dikonfirmasi Perihal Tak Pasang Bendera Merah Putih, Oknum Pegawai Puskesmas Karang Anyar Malah Menunjukkan Sikap Arogan



Nuansa Metro - Deli Serdang
 Sungguh miris perlakuan seorang oknum pegawai di Puskemas Karang Anyar kecamatan Beringin kabupaten Deli Serdang, saat Rusmanto anggota LSM KPK RI menanyakan keberadaan kepala puskesmas dan bendahara operasional kesehatan. Dijawab oleh pegawai tersebut, bahwa kepala puskesmas sedang rapat ke dinas kesehatan kabupaten Deli Serdang dengan nada ketus dan dengan gayanya terkesan arogan.

Apakah begitu juga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang hendak berobat di Puskesmas tersebut. 

Padahal Rusmanto hanya akan menanyakan perihal kenapa puskesmas tidak memasang bendera merah putih.  

"Tanya saja dr kapus Karang Anyar, kami disini melayani masyarakat yang berobat dan itu bukan urusan kami," timpal pegawai bagian pelayanan.

Rusmanto yang didampingi oleh media  pada saat konfirmasi bagian staf meminta kartu anggota media dan surat tugas. Setelah ditunjukan lalu meminta difoto.

Menurut pegawai tersebut, kalau Rismanto dan awak media tidak mau dipoto, pihaknya akan mengusir mereka dari ruangan tata usaha puskesmas tersebut.

Rusmanto berharap kepala puskesmas Karang Anyar agar mengevaluasi kinerja dari pegawainya tersebut yang sikapnya di nilai arogan. 

"Sebagaimana disebutkan dalam Permenkes 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas menyebutkan bahwa Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan (faskes). Fasilitas pelayanan kesehatan adalah suatu tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau masyarakat,"  ucap Rusmanto.

"Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya,"  tandasnya.


•  Romson Nainggolan