= Profesor Memen Menyerahkan Apresiasi Mutu Program Studi Unggulan PTN-BH - Nuansa Metro

Profesor Memen Menyerahkan Apresiasi Mutu Program Studi Unggulan PTN-BH



Nuansa Metro - Bandung 
UPI sebagai PTN-BH tentunya memiliki sejumlah program yang diusung menjadi keunggulan Universitas, salah satunya adalah “Program Studi Unggulan,". Sebagaimana yang ditegaskan oleh Profesor Memen Kustiawan selaku Sekretaris Universitas Pendidikan Indonesia disaat dirinya memberikan penghargaan kepada pimpinan unit akademik hasil audit mutu akademik oleh Satuan Penjaminan Mutu UPI Oktober, 2022 baru-baru ini di Kampusnya. 

Memen menegaskan, bahwa di lingkungan PTN-BH, tiap Program Studi harus memiliki program kerja yang jelas dan syarat dengan capaian mutu, baik yang berbasis akademik maupun non akademik. 

Namun upaya untuk mencapainya tidaklah mudah, sehingga memerlukan sebuah Rancangan Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) yang strategis dan dikembangkan secara bersama oleh tim perumus serta melibatkan semua elemen baik dosen, tendik maupun mahasiswa, bahkan stakeholder terkait, mitra industri serta perwakilan orang tua mahasiswa. 

Sebagaimana yang pada umumnya dilakukan oleh tiap Program Studi di UPI, dimana keunggulan dan capaian mutu untuk sejumlah aspek yang dinilai akan menjadi sebuah akumulasi capaian akreditasi program studi itu sendiri. 

Selama ini yang dicanangkan oleh pimpinan Universitas Pendidikan Indonesia bahwa Program Studi yang Unggul akan mendapatkan reward tersendiri, dan yang belum optimal meraih mutu yang ditetapkan akan diberikan fasilitasi untuk segera memperbaikinya. 

Hal inilah yang menjadi salah satu konsen seorang Profesor Memen Kustiawan yang selalu aktif menjadi salah satu auditor dan reviewer terhadap substansi capain mutu program studi di lingkungan UPI PTN-BH. 

Tentunya banyak pembelajaran yang telah disampaikan oleh Jebolan Akuntansi UNPAD ini dalam memimpin proses perencanaan, seleksi, dan pembinaan Program Studi Unggulan ini, dimana outputnya akan menjadi sumber kebijakan bagi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, serta Wakil Rektor lainnya untuk bersama-sama membangun sistem mutu yang transparan dan akuntabel. 

Terobosan ini sangat penting dan akan menjadi acuan bagi semua program studi di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sebagai salah satu pimpinan universitas maka sosok Profesor Memen telah melakukan berbagai terobosan yang mampu mendongkrak manajemen keuangan tiap prodi menjadi lebih baik. Hal itu telah dilakukannya sejak menjabat sebagai Direktur Keuangan Universitas Pendidikan UPI Ketika masih BHMN. 

Sebagai buktinya sampai sekarang banyak para ketua program studi melakukan kajian atas karya-karyanya Profesor Memen dalam hal manajemen keuangan audit, pelaporan keuangan dan strategi penganggaran yang strategis dalam mewujudkan capaian Program Studi dengan Mutu yang Unggulan. 

Prestasi dan Kepemimpinannya dalam bidang Keuangan inilah yang telah mengangkat prestasinya menjadi kepercayaan dari para Rektor UPI sampai sekarang. 


• Djajat/Red